Banner Adobe Acrobat Professional

Mengekstrak Semua Gambar Dari File PDF Menggunakan Adobe Acrobat

Pernahkah Anda mencari informasi di internet dan menemukan dokumen dalam format file pdf? Banyak sekali dokumen-dokumen pendek yang dapat diunduh dari internet dalam format file pdf ini. File pdf merupakan format file universal untuk pertukaran dokumen yang dapat didistribusikan dan dibagikan ke semua platform dan internet. File pdf didisain untuk menampilkan dokumen secara akurat terlepas dari perangkat apapun yang digunakan untuk menampilkan. Salah satu karakteristik file ini adalah sulit untuk diedit secara luas. Inilah yang menjadi salah satu alasan banyaknya banyak dokumen-dokumen yang sudah final menggunakan format file ini.

Terkadang Anda sedang beruntung mendapatkan dokumen yang diinginkan dalam format file pdf yang disertai banyak gambar pendukung. Muncul keinginan dari Anda untuk mengekstrak gambar-gambar yang ada di dokumen pdf. Namun, Anda pasti sudah berfikir bahwa mengekstrak semua gambar di file pdf akan lebih sulit dibandingkan dengan mengedit file pdf yang sebenarnya juga sudah sulit. Mengekstrak semua gambar yang ada di file pdf tidaklah sulit. Anda dapat dengan mudah mengekstrak semuanya menggunakan salah satu software yaitu Adobe Acrobat. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengekstrak semua gambar dari file pdf menggunakan Adobe Acrobat XI Pro:

Jalankan aplikasi Adobe Acobat XI Pro, klik menu File dan kemudian pilih submenu Open. Dari kotak dialog open yang muncul, arahkan ke folder tempat file pdf berada dan kemudian klik file pdf yang akan diekstrak gambarnya.

Apbila file pdf sudah terbuka, klik menu View > Tools > Document Posscessing.

Dari jendela tab Tools di bagian kanan layar yang muncul, di bagian Document Processing, pilih opsi Export All Images.

Dari kotak dialog Export All Images As yang muncul, beri nama untuk gambar yang akan diekstrak di kotak berlabel File name (dalam contoh ini adalah images.jpg), tentukan folder tempat gambar-gambar hasil ekspor (ekstrak) disimpan dan kemudian klik tombol Save untuk mulai mengekstrak.

Sebenarnya, sebelum mengklik tombol Save di kotak dialog Export All Images As, Anda dapat menentukan opsi pengaturan lanjutan ekspor gambar dengan mengklik tombol Settings... untuk menampilkan kotak dialog Export All Images As JPEG Settings. Apabila opsi pengaturan tambahan selesai, klik tombol OK untuk kembali ke kotak dialog Export All Images As.

 Apabila proses ekspor (mengekstrak) telah selesai, buka folder penyimpanan untuk melihat hasilnya.

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.