Banner Adobe Acrobat Professional

Memproteksi File PDF Dengan Password Acrobat

Sebuah dokumen yang diproteksi dengan password dimaksudkan untuk membatasi akses pengguna ke dokumen tersebut. Apabila dokumen bersifat rahasia dan hanya boleh dilihat atau dibaca oleh orang-orang tertentu, Anda dapat memproteksi dengan password agar tidak bisa digandakan atau dicetak oleh orang lain yang tidak berkepentingan. Dokumen yang diproteksi dengan password, hanya dapat dibuka oleh mereka yang mengetahui password dokumen sehingga akan lebih aman apabila berada di tangan orang yang tidak berhak.

Sebagaimana aplikasi pengolah kata yang memiliki fitur untuk memproteksi file atau dokumen dengan password, Adobe Acrobat juga memiliki fitur untuk memproteksi file PDF dengan password. Adobe Acrobat memiliki tiga level proteksi ke file PDF yaitu Acrobat Password Security, Acrobat Sertificate Security, dan Adobe LifeCycle Rights Management. Ketika file PDF diproteksi menggunakan Acrobat Password Security, level permisi (izin) yang sama diberikan kepada orang-orang yang memiliki file PDF tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk memproteksi file PDF menggunakan Acrobat Password Security:

Memproteksi file PDF.

Buat atau buka file PDF yang akan diberi proteksi menggunakan Adobe Acrobat X Pro.

Klik menu File > Properties....

Dari jendela Document Properties yang muncul pilih tab Security, kemudian pilih Password Security dari kotak drop-down Security Method.

Centang kotak check Require a password to open the document dan ketikkan password yang akan digunakan untuk membuka file PDF di kotak Document Open Password. Anda juga dapat menambahkan proteksi tambahan berkaitan dengan batasan untuk merubah atau mencetak file PDF yang sudah terbuka. Untuk memberlakukan proteksi tambahan, centak kotak check Restrict editing and printing of the document. A password will be required in order to change these permission settings, ketikkan password kedua yang tidak boleh sama dengan password pertama (password untuk membuka file PDF), kemudian tentukan aturan batasan yang ingin diterapkan melalui dua kotak drop-down dan dua kotak check yang ada di bawahnya, dan tekan tombol OK.

Ketikkan ulang password untuk membuka file PDF di jendela Adobe Acrobat - Confirm Document Open Password dan tekan tombol OK.

Tekan OK di jendela Adobe Acrobat yang muncul.

Ketikkan ulang password kedua terkait izin untuk merubah atau mencetak file PDF yang sudah terbuka terbuka di jendela Adobe Acrobat - Confirm Permissions Password dan tekan tombol OK.

Tekan OK di jendala Adobe Acrobat yang muncul. Untuk mengakhiri proses memproteksi file PDF, tekan tombol OK di jendela yang masih terbuka.

Membuka file PDF yang terproteksi.

Untuk membuka file BAB 2.pdf di atas, Anda diminta untuk memasukkan password pertama dan kemudian tekan tombol OK. 

File PDF akan terbuka apabila password yang telah dimasukkan benar. File PDF yang terbuka ini hanya bisa dibaca dan dicetak saja, tetapi tidak bisa dirubah karena Anda telah memproteksi dengan permissions password dan mengaturnya sesuai batasan yang telah ditetapkan.

Membuka permissions password untuk proses editing.

Klik ikon bergambar padlock dan klik link Permission Details.

Dari jendela Document Properties yang muncul, pastikan bahwa tab Security dalam keadaan aktif dan kemudian klik tombol Change Setting....

Ketikkan password kedua (Permissions Password) di jendela Password yang muncul dan tekan tombol OK.

Dari jendela Password Security - Settings yang muncul, Anda hanya perlu menekan tombol OK untuk dapat melakukan perubahan isi file PDF (editting). Apabila Anda ingin merubah password untuk membuka atau juga merubah permissions password, proses dan tahapannya akan kembali seperti pertama kali akan memproteksi file PDF ini. Untuk kali ini tekan tombol OK.

Tekan tombol OK di jendela Adobe Acrobat yang muncul. Untuk mengakhiri prosesini, tekan tombol OK di jendela yang masih terbuka.

Setelah proses selesai, sekarang Anda dapat melakukan perubahan (editting) file PDF yang sudah terbuka.

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.