Banner Adobe Acrobat Professional

Menggabungkan Beberapa Format File Menjadi Sebuah File PDF

Salah satu kelebihan aplikasi Adobe Acrobat Pro adalah dapat menggabungkan (merge) beberapa format file berbeda ke dalam sebuah file PDF. Anda tidak perlu mengkonversi terlebih dahulu format file selain PDF ke PDF. Pengkonversian untuk format file selain PDF ke PDF akan dilakukan secara otomatis pada saat file-file tersebut digabungkan. Tentu saja syarat file-file selain PDF yang akan disertakan atau digabungkan harus merupakan format file yang telah didukung oleh Adobe Acrobat dan dapat dikonversi ke dalam format PDF. Adapun beberapa format file lain yang telah didukung dan dapat dikonversi oleh Adobe Acrobat X Pro ke PDF adalah 3D, BMP, GIF, HTML, inDesign, JPEG, JPEG2000, Multimedia, PCX, PICT, PNG, PostScript/EPS, text, dan TIFF.

Berikut ini langkah-langkah untuk penggabungan beberapa format file berbeda (dalam contoh ini adalah format docx yaitu ekstensi file Microsoft Office 2007 ke atas dan pdf).

Jalankan program aplikasi Adobe Acrobat X Pro dari komputer Anda. Dari toolbar Quick Tools, klik tombol Create untuk menampilkan menu drop-down. Dari menu drop-down yang ditampilkan, pilih Combine Files into a Singgle PDF....

Jendela Combine Files muncul.

Klik tombol Add Files... yang ada di sudut kiri atas dari jendela Combine Files untuk menampilkan menu drop-down. Menu drop-down ini menampilkan beberapa menu terkait cara menambahkan file dan sumber file yang akan digunakan. Untuk menambahkan file satu-persatu ke dalam jendela Combine Files, klik menu Add Files....

Jendela Add Files ditampilkan. Tentukan direktori tempat penyimpanan file di bagian sebelah kiri, pilih sebuah atau beberapa file yang akan ditambahkan di bagian sebelah kanan, dan kemudian tekan tombol Open.

File yang telah dipilih akan ditambahkan di Jendela Combine Files. Anda dapat mengulangi langkah menambahkan file di atas untuk file-file lain yang akan disertakan untuk digabungkan. Contoh ini hanya akan menggabungkan 3 buah file yaitu file Sampul dan BAB 2 dengan format docx (format file Microsoft Word 2010) dan BAB 1 dengan format PDF. Anda juga dapat menggunakan tombol Move Up dan Move Down di bagian bawah jendela Combine files untuk mengurutkan file-file yang telah ditambahkan sebelum melakukan langkah berikutnya.

Sebelum melakukan langkah untuk menggabungkan file-file yang telah dipilih, Anda perlu memastikan bahwa tombol radio Single PDF yang ada di sudut kanan atas jendela Combine Files telah dipilih.

Untuk menggabungkan file-file yang telah dipilih, klik tombol Combine Files yang ada di sudut kanan bawah jendela Combine Files. Anda dapat melihat proses menggabungkan file yang sedang berjalan dan menunggu sampai proses selesai.

Apabila proses menggabungkan file-file telah selesai, maka file PDF tunggal hasil penggbungan beberapa file-file dengan format berbeda, langsung ditampilkan di jendela Adobe Acrobat X Pro.

Langkah terakhir yang mungkin Anda lakukan adalah menyimpan file PDF tunggal hasil penggabungan beberapa file ke dalam komputer.

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.