Banner Adobe Acrobat Professional

Mengkonversi Halaman Web Ke Format PDF

Ada kalanya Anda ingin mendapatkankan hasil salinan sebuah atau keseluruhan halaman web sebuah situs secara utuh tanpa ada bagian-bagian lain yang hilang. Dengan menggunakan tombol keyboard Print Screen, Anda akan mendapatkan halaman web yang hanya nampak di layar komputer dan tidak keseluruhan halaman. Apabila Anda menggunakan perintah menu shortcut Copy dan Paste, akan ada sebagian dari objek halaman web yang tidak tersalin, belum lagi apabila situs tersebut diproteksi sehingga tidak dapat di-copy-paste. Dengan menggunakan aplikasi Adobe Acrobat X Pro, menyalin sebuah halaman atau keseluruhan halaman web bukanlah pekerjaan yang sulit.

Kemampuan untuk menyali sebuah atau keseluruhan halaman web merupakan salah satu fitur unggulan dari Adobe Acrobat. Adobe Acrobat dapat mengkonversi sebuah halaman atau keseluruhan halaman web ke dalam format PDF tunggal. Hasil konversi halaman web adalah versi PDF dari halaman web original dengan semua gambar dan grafis yang utuh dan link-link yang berfungsi. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengkonversi halaman web yang diinginkan:

Jalankan program aplikasi Adobe Acrobat X Pro yang telah terinstal di komputer Anda. Dari toolbar Quick Tools, klik tombol Create untuk menampilkan menu drop-down dan pilih menu Create PDF from Web Page.

Jendela Create PDF from Web Page muncul. Di kotak teks URL, tulis alamat lengkap halaman web dari sebuah situs yang ingin disalin ke format PDF (contoh di sini adalah sebuah halaman dari situs Oracle.com dengan alamat http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html). 

Jika Anda ingin mendapatkan (capture) sebuah, sebagian, atau keseluruhan halaman dari situs yang dibuka, klik tombol Capture Multiple Levels dan jendela Create PDF from Web Page akan berubah untuk menampilkan alternatif pengaturan yang lain. Dari jendela ini Anda dapat menentukan pengaturan (setting) sesuai keinginan.

Anda juga dapat menentukan alternatif pengkonversian terkait PDF setting dan page layout dengan menekan tombol Setting... di jendela Create PDF from Web Page.

Untuk memulai proses mengkonversi halaman web ke format PDF, klik tombol Create dari jendela Create PDF from Web Page. Tunggu sampai proses selesai, atau apabila ingin membatalkannya, Anda dapat menekan tombol Cancel selama proses masih berjalan.

Apabila proses mengunduh dan mengkonversi halaman web seselesai, halaman web dalam format PDF lansung dibuka di Jendela Adobe Acrobat X Pro.

Langkah terakhir yang mungkin Anda harus lakukan adalah menyalin atau menyimpan file PDF tersebut ke dalam media penyimpanan komputer.

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.