Pin It

PDF (Portable Document Format) adalah format file yang dibuat oleh Adobe System dan kemudian menjadi format file standar terbuka (open standard file format) dibawah kontrol International Organization for Standardization (ISO). Kelebihan file PDF adalah tampilannya yang tidak bergantung pada software, hardware dan juga sistem operasi. Artinya, dengan menggunakan software, hardware dan sistem operasi yang berbeda, tampilan file PDF tidak akan berubah dan tetap sama. Tujuan dibuatnya format file PDF adalah untuk mempertahankan dan memproteksi konten dan tata letak dokumen agar sulit berubah.

Mungkin Anda sudah tahu bahwa sekarang ini banyak sekali materi atau naskah yang beredar di internet dalam bentuk file PDF. Tentu saja Anda akan kesulitan melakukan perubahan pada file tersebut tanpa menggunakan software khusus. Ada begitu banyak software PDF di pasaran, baik yang berbayar (commercial) maupun yang gratis (free). Software PDF sendiri umumnya dibagi menjadi beberapa kategori yaitu converter, editor, creator dan development library. Salah satu software berbayar yang masuk ke dalam semua kategori tersebut adalah Adobe Acrobat. Dengan menggunakan software Adobe Acrobat, Anda dapat mengkonversi, membuat, mengedit, mengekspor maupun mempublikasikan file PDF.

Ketika mendapatkan materi atau naskah dalam bentuk file PDF dari internet, yang penulis terkadang lakukan adalah dengan menambahkan referensi pada bagian-bagian tertentu dari konten tersebut. Ini sangat berguna ketika kita ingin memberi informasi tambahan terkait sesuatu hal yang ingin diperjelas. Salah satu caranya adalah dengan membuat tautan (link) pada kata, frase, kalimat atau bisa juga paragraf yang akan mengacu ke bagian naskah yang sama, ke dokumen lainnya atau bahkan ke sumber informasi di internet. Tentu saja untuk membuat tautan (link) ke file PDF yang sudah jadi diperlukan software khusus misalnya Adobe Acrobat. Membuat tautan (link) di file PDF dengan menggunakan Adobe Acrobat bukan hal yang sulit. Berikut ini adalah cara membuat tautan (link) di file PDF menggunakan Adobe Acrobat Pro:

Jalankan terlebih dahulu Adobe Acrobat Pro dan kemudian buka file PDF yang akan diberi atau ditambah tautan (link). Pastikan Anda berada di tab Tools dan di bagian Content (1), klik Link (2).

Membuat tautan (link) di file PDF menggunakan Adobe Acrobat

Buat gambar persegi tepat berada di kata, frase, kalimat atau paragraf dengan cara klik di titik permulaan dan kemudian drag (tekan tombol kiri mouse dan kemudian seret).

Membuat tautan (link) di file PDF menggunakan Adobe Acrobat

Setelah gambar persegi dibuat dan melepas tombol mouse, akan muncul kotak dialog Create Link. Di contoh ini akan dibuat tautan (link) yang akan mengarah ke laman website Oracle. Di bagian Link Action, klik tombol radio (radio button) berlabel Open a web page (1) dan kemudian klik tombol Next (2).

Membuat tautan (link) di file PDF menggunakan Adobe Acrobat

Di kotak dialog Edit URL yang muncul, salin tautan (link) yang mengarah ke laman website Oracle yang telah ditentukan dan kemudian pindahkan (paste) ke kotak teks (text box) berlabel Enter a URL for this link dan kemudian klik tombol OK. Setelah selesai simpan perubahan file PDF dan kemudian tutup.

Membuat tautan (link) di file PDF menggunakan Adobe Acrobat

Ketika Anda membuka kembali dan mengarahkan pointer mouse ke link yang sebelumnya telah dibuat, akan muncul semacam tool tip yang menampilkan URL dari laman website Oracle yang dituju.

Membuat tautan (link) di file PDF menggunakan Adobe Acrobat

Klik URL tersebut untuk membuka laman website Oracle. Di kotak dialog Security Warning yang muncul, klik tombol Allow.

Membuat tautan (link) di file PDF menggunakan Adobe Acrobat

Laman website Oracle yang dituju akan terbuka.

Membuat tautan (link) di file PDF menggunakan Adobe Acrobat

Baca artikel terkait lainnya: