Gemar membaca adalah kebiasaan yang baik dan positif untuk menambah wawasan. Anda bisa membaca dari buku, majalah, surat kabar, artikel online, dokumen PDF dan lain sebagainya. Bila ingin mempelajari dan juga mendalami materi tertentu, biasanya penulis mencari buku elektronik (ebook) di internet. Ada banyak format file untuk ebook, namun penulis lebih memilik format PDF dan EPUB.

Format PDF sendiri mempunyai kelebihan yaitu tampilannya yang tidak bergantung pada software, hardware dan sistem operasi. Dengan menggunakan software, hardware dan sistem operasi yang berbeda, tampilan file PDF tidak akan berubah dan tetap sama. Dokumen PDF mempunyai tata letak (layout) yang konsisten dan juga sulit dirubah.

Ada dua aplikasi yang terinstal di laptop penulis untuk membuka dokumen PDF yaitu Adobe Acrobat Pro dan Adobe Acrobat Reader. Kedua aplikasi ini dikembangkan oleh Adobe System. Penulis sendiri lebih menyukai membuka dokumen PDF dengan menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Pro karena bisa menambahkan catatan atau menyorot teks tertentu yang biasa penulis lakukan.

Secara standar, Adobe Acrobat Pro akan membuka dokumen PDF dalam mode tampilan halaman tunggal (single page), sedangkan penulis sendiri lebih menyukai mode tampilan dua halaman (two page) yang saling berdampingan. Setiap kali dokumen PDF dibuka, Adobe Acrobat Pro akan membuka dalam mode tampilan halaman tunggal.

Bila Anda menyukai opsi mode tampilan dua halaman, Anda perlu melakukan perubahan pengaturan di adobe Acrobat Pro. Dengan demikian, Adobe Acrobat Pro selalu membuka dokumen PDF dalam mode tampilan dua halaman. Adobe Acrobat Pro memberikan kemudahan untuk bisa disesuaikan dengan preferensi Anda. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Jalankan aplikasi Adobe Acrobat Pro dan kemudian bukan dokumen PDF. Bila Anda belum pernah merubah pengaturan, maka Adobe Acrobat akan membuka dokumen PDF dalam mode tampilan halaman tunggal (single page).

Merubah mode tampilan halaman standar dokumen PDF di Adobe Acrobat

Untuk melakukan perubahan mode tampilan halaman standar ini, klik menu View (1) dan kemudian pilih submenu Preferences...(2).

Merubah mode tampilan halaman standar dokumen PDF di Adobe Acrobat

Di kotak dialog Preferences yang muncul, pastikan Anda berada di tab Page Display (1), dari kotak tarik turun (dropdown box) Page Layout pilih nilai Two-Up (2), Anda dapat membiarkan nilai Automatic untuk kotak tarik turun (dropdown box) Zoom (3) dan kemudian klik tombol OK (4) untuk menyimpan perubahan.

Merubah mode tampilan halaman standar dokumen PDF di Adobe Acrobat

Ketika nanti Anda menjalankan aplikasi Adobe Acrobat Pro dan membuka dokumen PDF kembali, Adobe Acrobat Pro akan membuka dalam mode tampilan dua halaman.

Merubah mode tampilan halaman standar dokumen PDF di Adobe Acrobat