Banner Adobe Photoshop

Merubah Warna Dengan Hue/Saturation Di Photoshop

Sesuatu yang berwarna tentu akan menjadi lebih indah. Bagaimana seandainya warna yang Anda harapkan tidak sesuai. Misalnya, Anda ditugas untuk mendapatkan gambar buah tertentu yang masih muda dan berwarna kehijauan. Setelah sekian lama mencari di internet, Anda menemukan gambar buah sesuai yang diinginkan akan tetapi dengan warna merah karena sudah masak. Anda kemudian berharap seandainya berwarna hijau, pasti sudah mendapatkan gambar tersebut.

Masalah tersebut dapat diatasi apabila Anda dapat menggunakan aplikasi Adobe Photoshop. Adobe Photoshop memiliki banyak sekali fitur yang beberapa diantaranya dapat digunakan untuk merubah warna suatu gambar. Anda dapat menggunakan fitur Replace Color, Hue/Saturation, Match Color, Channel Mixer, atau beberapa yang lain untuk merubah warna tergantung dari keadaan gambar yang akan dirubah warnanya. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda terapkan untuk merubah warna suatu gambar menggunakan fitur Hue/Saturation di Adobe Photoshop CS5:

Buka gambar yang warnanya ingin dirubah dengan aplikasi Adobe Photoshop CS5.

Pilih dan klik menu Image > Adjustments > Hue/Saturation...

Dari jendela Hue/Saturation yang muncul, geser ketiga slider (slider Hue, slider Saturation, slider Lightness) untuk mendapatkan warna sesuai keinginan. Slider Hue digunakan untuk memilih warna pengganti, slider Saturation digunakan untuk mengatur kekonstrasan warna, dan slider Lightness digunakan untuk mengatur tingkat pencahayaan gambar. Setelah perubahan warna sesuai dengan yang diharapkan, klik tombol OK untuk mengakhiri.

Berikut ini adalah perubahan warna yang dihasilkan apabila dilakukan pergeseran ketiga slider sesuai dengan gambar sebelumnya.

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.