Ukuran sebuah file gambar dapat diperbesar atau diperkecil dengan menggunakan program aplikasi Adobe Photoshop. Terkadang hal ini diperlukan apabila Anda ingin mengunggah (upload) file menggunakan software tertentu. Sebuah software terkadang memberikan batasan ukuran file yang akan diunggah, apabila terlalu besar, harus diperkecil, apabila terlalu kecil, harus diperbesar. Tidak dapat dihindari bahwa merubah ukuran file dari ukuran semula akan mempengaruhi kwalitas dari gambar tersebut.

CMS Joomla mempunyai batasan ukuran file gambar (image) yang dapat diunggah sebesar 20 MB sekalipun batasan tersebut dapat dirubah. Facebook memerlukan ukuran lebar file gambar (image) minimal 180 pixels sebagai foto profile. Apabila file gambar (image) yang akan diunggah kurang dari 180 pixel, Facebook akan otomatis menolaknya. Berikut ini adalah cara merubah ukuran file gambar (image) menggunakan Adobe Photoshop:

Buka file gambar (image) yang akan dirubah ukurannya (dari ukuran dan dimensi besar ke ukuran lebih kecil). Sebelum membuka Anda dapat memperoleh informasi mengenai dimensi dan ukuran (size) file yang akan dibuka.

Pilih menu Image (1) dan kemudian klik submenu Image Size...(2).

Rubah Width dan Height di tab Pixel Dimensions ke ukuran lebih kecil (1), beri centang untuk Scale Style, Constrain Proportions dan Resample Image agar perubahan nilai Width akan secara otomatis merubah ukuran Height secara proporsional atau sebaliknya (2), pilih Bicubic Sharper (best for reduction) di kotak drop-down (3) dan kemudian akhiri dengan klik tombol OK (4).

Anda dapat melihat kembali gambar tersebut dan perhatikan dimensi dan ukurannya (size) telah berubah.