Banner Adobe Photoshop

Mengekstrak Gambar Dari File PDF Menggunakan Adobe Photoshop

Di artikel Mengekstrak Semua Gambar Dari File PDF Menggunakan Adobe Acrobat, Anda dapat mempelajari bagaimana cara mengekstrak gambar (image) dari file pdf menggunakan aplikasi Adobe Acrobat. Sebagaimana yang telah kita ketahui, pdf adalah format file yang diperkenalkan oleh Adobe Systems dan Adobe Acrobat adalah juga aplikasi yang dibuat oleh Adobe System. Aplikasi Adobe Acrobat memang dikhususkan untuk menangani hal-hal yang terkait dengan format file pdf.

Namun, untuk mengekstrak gambar dari file pdf, Adobe Acrobat bukan satu-satunya yang dapat melakukan ini. Adobe Photoshop, sebuah apliaksi yang juga dibuat oleh Adobe System, dapat pula mengekstrak gambar dari file pdf. Adobe Photoshop adalah sebuah aplikasi yang dikhususkan untuk mengolah gambar, sehingga penambahan fitur untuk mengekstrak gambar dari file pdf adalah hal yang wajar. Namun diantara keduanya, Adobe Acrobat dapat melakukan lebih cepat dan lebih baik kerena dapat mengekstrak sekaligus menyimpan semua file. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengekstrak gambar dari file pdf menggunakan Adobe Photoshop:

Jalankan aplikasi Adobe Photoshop, klik menu File dan kemudian pilih submenu Open...

Dari kotak dialog Open yang muncul, arahkan ke folder tempat file pdf berada, klik file pdf yang gambarnya akan diekstrak dan kemudian klik tombol OK.

Dari kotak dialog Import PDF yang muncul, pilih tombol radio (radio button) berlabel Images di kelompok Select. Semua gambar yang ada di file pdf akan ditampilkan. Pilih satu atau lebih gambar yang akan diekstrak. Untuk memilih gambar secara berurutan, klik gambar pertama, tekan tombol keyboard Shift dan kemudian klik gambar terakhir yang dipilih. Untuk memilih gambar secara acak, tekan tombol keyboard Ctrl dan kemudian pilih satu-persatu gambar yang akan diekstrak. Tekan tombol OK untuk mengakhiri.

Semua gambar yang dipilih akan ditampilkan di area kerja Adobe Photoshop. Anda sekarang dapat mengekstrak atau menyimpan gambar dengan mengklik menu File dan kemudian submenu Save As... sebagaimana Anda menyimpan gambar menggunakan Adobe Photoshop.

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.