Adobe Photoshop adalah salah satu aplikasi pengolah gambar (image editing) yang sangat terkenal dan banyak digunakan. Sebagai aplikasi pengolah gambar, sudah barang tentu Adobe Photoshop dilengkapi dengan berbagai fitur atau tool canggih untuk maksud tersebut. Salah satu profesi yang bisa memanfaatkan hampir semua fitur atau tool yang ada di Adobe Photoshop adalah Design Grafis Profesional. Namun untuk pengguna biasa, umumnya akan mempelajari dan menggunakan bagian-bagian fitur atau tool tertentu yang dianggap perlu saja.

Sebagai seorang blogger, Anda tentunya secara rutin akan membuat artikel atau postingan untuk blog yang Anda kelola. Artikel umumnya akan diberi gambar. Gambar di dalam artikel dapat memberi kekuatan pada isi artikel yang dibuat. Gambar juga akan menambah tampilan visual artikel menjadi lebih baik dan menarik. Sebuah artikel yang bagus akan kehilangan daya tariknya ketika hanya berisi teks saja. Tentu Anda sendiri akan menjadi kurang tertarik ketika artikel hanya berupa teks saja.

Gambar yang disertakan di dalam artikel blog bisa bersifat umum sehingga dapat ditampilkan apa adanya, namun ada juga gambar yang perlu diedit terlebih dahulu. Sebagai contoh, gambar perlu diedit ketika area tertentu dari gambar menampilkan atau memberikan informasi yang sensitif atau informasi yang tidak seharusnya diketahui oleh pembaca artikel. Bisa juga Anda diminta hanya fokus pada area tertentu dari gambar.

Cara yang paling umum dilakukan dalam edit gambar yang disertakan di artikel blog adalah dengan membuat efek blur. Efek blur akan membuat area tertentu dari gambar menjadi samar atau tidak terlihat jelas. Nah, disinilah aplikasi pengolah gambar yang memiliki fitur blur seperti Adobe Photoshop berperan. Artikel kali ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana membuat efek blur di area tertentu dari gambar dengan menggunakan Adobe Photoshop. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Jalankan aplikasi Adobe Photoshop dan kemudian buka gambar yang area tertentunya akan diberi efek blur. Tidak ada tampilan yang sensitif pada gambar ini, namun semata-mata hanya menunjukkan kepada Anda bagaimana memberi efek blur pada area tertentu dari gambar.

Membuat efek blur menggunakan adobe photoshop

Yang pertama dilakukan adalah memilih tool yang sesuai untuk menyeleksi area tertentu dari gambar. Ada cukup banyak selection tools di Adobe Photoshop yang dapat digunakan. Anda perlu mempertimbangkan pemilihan tool untuk disesuaikan dengan bentuk area yang akan diseleksi. Anda dapat menggunakan Marquee Tool (1), Lasso Tool (2), Quick Selection Tool dan Magic Wand Tool (3) atau menggunakan teknik seleksi lainnya.

Membuat efek blur menggunakan adobe photoshop

Di contoh ini akan diselesi buah jambu terbelah yang ada di bagian atas. Buah jambu ini akan dibiarkan dengan tampilan aslinya, sedangkan area lainnya akan diberi efek blur. Untuk menyeleksi area bulat seperti ini, dapat digunakan Elliptical Marquee Tool. Untuk membuat bentuk lingkaran yang sempurna, jangan lupa menekan tombol keyboard Shift.

Membuat efek blur menggunakan adobe photoshop

Balik area seleksi dengan mengklik menu Select dan kemudian pilih Inverse atau Anda juga dapat menggunakan kombinasi tombol keyboard Shift+Ctrl+I untuk mempercepat proses.

Membuat efek blur menggunakan adobe photoshop

Untuk memberi efek blur pada area yang diseleksi, klik menu Filter, kemudian Blur dan selanjutnya pilih Gaussian Blur... Akan muncul kotak dialog Gaussian Blur. Anda cukup mengisi nilai di kotak teks Radius (1) atau dapat pula menggeser slider knob (2) untuk mendapatkan efek blur yang diinginkan. Anda juga dapat melihat langsung hasil efek blur pada kotak Preview atau pada gambarnya langsung. Bila efek blur yang diingingkan cukup, klik tombol OK (3) untuk mengakhiri.

Membuat efek blur menggunakan adobe photoshop

Berikut ini adalah hasil akhir setelah area tertentu dari gambar diberi efek blur.

Membuat efek blur menggunakan adobe photoshop