Photoshop merupakan aplikasi pengolah gambar (image editing) yang sangat mengagumkan. Sebagaimana aplikasi yang dikhususkan untuk pengolah gambar , Adobe Photoshop tentunya telah dilengkapi dengan berbagai fitur atau tool yang canggih untuk maksud tersebut. Adobe Photoshop tidak hanya digunakan oleh kalangan profesional tetapi juga mereka yang tidak ahli (amatir) sekalipun. Ini dikarenakan Adobe Photoshop mudah digunakan dan fitur dasarnya sudah dianggap cukup untuk mengedit gambar sesuai yang diinginkan.

Sangat sering, ketika membuat gambar di Adobe Photoshop, Anda memerlukan warna yang specifik. Tidak jarang, Anda tertarik dengan warna yang ada di gambar lain dan ingin menggunakannya. Anda mungkin akan mencoba mengambil warna dari Color Picker di Adobe Photoshop yang Anda anggap serupa. Namun ketika digunakan di gambar yang sedang dibuat, ternyata warnanya berbeda. Anda akan sulit sekali mendapatkan warna yang benar-benar sama bila tidak mengetahui kode warna dari gambar tersebut.

Sesungguhnya warna yang manapun adalah hasil campuran atau kombinasi dari ketiga warna utama yaitu merah (red), hijau (green) dan biru (blue) atau lebih dikenal dengan RGB. Kombinasi ketiga warna ini dapat digambarkan sebagai kode warna (color code) yaitu kode warna digital yang merefleksikan warna yang sempurna. Jika Anda dapat mengetahui kode warna yang digunakan di sebuah gambar, Anda dapat dengan mudah memperoleh warna yang benar-benar sama untuk digunakan di gambar yang sedang Anda buat.

Dengan menggunakan Adobe Photoshop, Anda dapat mengetahui dengan mudah kode warna dari sebuah gambar. Adobe Photoshop memiliki tool bernama Eyedropper untuk mengambil warna yang ada di gambar. Menggunakan Eyedropper tidaklah sulit. Anda tinggal memilih tool ini dan kemudian mengklik di warna yang diinginkan yang terdapat pada gambar. Kode warna dari warna yang diambil menggunakan tool ini dapat digunakan untuk menghasilkan warna yang benar-benar sama. Berikut ini adalah cara mendapatkan kode warna dari sebuah gambar dengan Adobe Photoshop:

Jalankan terlebih dahulu aplikasi Adobe Photoshop dan kemudian buka gambar yang kode warnanya ingin diketahui.

Mendapatkan kode warna dari sebuah gambar dengan Adobe Photoshop

Di Tools Panel yang terletak di sebelah kiri, pilih Eyedropper Tool.

Mendapatkan kode warna dari sebuah gambar dengan Adobe Photoshop

Di area gambar yang terbuka, klik tepat di warna yang Anda inginkan dengan menggunakan Eyedropper Tool.

Mendapatkan kode warna dari sebuah gambar dengan Adobe Photoshop

Di Color Panel yang terletak di sebelah kanan, Pastikan Anda berada di tab Color (1) dan kemudian klik tepat di kotak persegi kecil dengan warna yang telah Anda seleksi sebelumnya.

Mendapatkan kode warna dari sebuah gambar dengan Adobe Photoshop

Di kotak dialog Color Picker (Foreground Color) yang muncul, salin kode warna dari warna yang telah Anda seleksi sebelumnya.

Mendapatkan kode warna dari sebuah gambar dengan Adobe Photoshop