Banner Adobe Photoshop

Memotong Gambar Menggunakan Tool Crop

Photoshop merupakan salah satu aplikasi pengolah dan pemanipulasi gambar atau foto digital menjadi sebuah karya dengan tampilan yang lebih artistik dan menarik. Dengan menggunakan aplikasi photoshop, Anda dapat mengolah berbagai gambar dasar menjadi gambar-gambar lain yang mungkin bisa berbeda dari gambar sebelumnya. Dengan munculnya rilis versi terbaru Adobe Photoshop CS6, kemampuan dan fasilitasnya menjadi semakin canggih untuk bisa memenuhi kebutuhan bagi Desain Grafis.

Kompleksitas kemampuan dan fasilitasnya mungkin akan membuat binggung bagi para pemula yang baru belajar Adobe Photoshop. Untuk para pemula, dianjurkan untuk belajar dari hal-hal dasar dan kemudian mengarah ke tingkat yang lebih rumit untuk lebih memantapkan kemampuan. Artikel berikut ini merupakan salah satu teknik dasari Photoshop yaitu bagaimana cara mengambil bagian gambar tertentu menggunakan tool crop.

Buka file gambar atau foto menggunakan menu File > Open.

Cari tool Crop di jendela toolbox (biasanya berada di posisi kiri jendela Photoshop) dan kemudian klik.

Tekan dan seret mouse (drag) untuk membentuk area seleksi pada bagian gambar yang akan dipotong.

Lepaskan mouse apabila sudah yakin dengan area yang diseleksi dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

 

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.