Banner CMS Joomla

Mengaktifkan Fitur Flash Uploader (Bulk And Mass Upload)

Sebuah artikel akan terasa lebih menarik apabila disertai dengan gambar pendukung. Gambar yang terdapat di artikel, selain akan memperjelas isi artikel, juga dapat menambah daya tarik artikel Joomla. Di Joomla, untuk membuat artikel yang didukung gambar, Anda harus mengunggah (upload) terlebih dahulu gambar tersebut di Media Folders yang ada di area Media Manager. Gambar yang sudah tersedia di area Media Manager, dapat disisipkan dengan mudah ke dalam artikel.

Sebuah artikel terkadang hanya membutuhkan satu atau dua gambar pendukung dan beberapa artikel yang lain membutuhkan lebih banyak gambar pendukung. Untuk artikel yang hanya memerlukan beberapa gambar, Anda dapat mengunggah (upload) file gambar tunggal secara berulang-ulang, sedangkan untuk artikel yang memerlukan banyak gambar, tentu hal ini akan sangat merepotkan dan menjengkelkan.

Secara standar, proses mengunggah file di Joomla 2.5 hanya melibatkan file tunggal (single file upload). Pengaturan fitur unggahan file seperti ini tidak statis, artinya Anda masih bisa merubahnya sehingga dapat mengunggah file lebih banyak dan berukuran lebih besar sekaligus. Dengan sedikit perubahan pengaturan, Anda dapat memanfaatkan bulk and mass upload dengan mengaktifkan fitur flash uploader di Media Manager.

Anda dapat memperhatikan gambar berikut, dimana fitur flash uploader yang ada di Joomla belum diaktifkan

Fitur flash uploader (bulk and mass upload)

Untuk mengaktifkan fitur flash uploader, terlebih dahulu Anda masuk ke are backend Joomla dan kemudian klik menu Content > Media Manager.

Fitur flash uploader (bulk and mass upload)

Di sudut kanan atas area Media Menager, klik tombol Options untuk menampilkan jendela Media Manager Options. Pastikan Anda berada di tab Component dan kemudian pilih tombol radio Yes untuk label Enable flash uploader yang ada di bagian paling bawah. Tekan tombol Save & Close untuk menyimpan dan mengakhiri perubahan.

Fitur flash uploader (bulk and mass upload)

Berikut ini adalah gambar di mana fitur flash uploader telah diaktifkan.

Fitur flash uploader (bulk and mass upload)

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.