Pin It

Joomla merupakan salah satu CMS terpopuler saat ini untuk membuat website dinamis dengan cepat. Joomla mengalami perkembangan yang cukup pesat dengan hadirnya berbagai fitur baru yang semakin kompleks dan stabil sehingga lebih mudah dan nyaman digunakan. Dengan CMS Joomla, website tidak hanya menampilkan konten berupa teks, tetapi juga gambar, video maupun suara (file multimedia). Konten gambar, video atau suara dapat dimunculkan dengan baik dan dikelola lebih mudah di CMS Joomla.

Di CMS Joomla, file gambar, video maupun suara perlu disiapkan atau diunggah terlebih dahulu ke folder media di Joomla sebelum digunakan. Ada baiknya Anda membuat folder tersendiri untuk menyimpan berbagai tipe file berbeda, misalnya folder yang khusus untuk menyimpan file gambar, video atau suara. Untuk tipe file yang sama, Anda juga bisa membuat folder untuk mengkategorikannya agar mudah dalam pengelolaan, pencarian dan penggunaan.

Joomla menyediakan area khusus yang disebut dengan Media untuk mengunggah dan mengelola berbagai jenis file pendukung seperti gambar, video dan suara. File-file tersebut dapat diunggah untuk dikelompokkan atau dikategorikan di dalam folder. Apabila belum ada folder yang mewakili sebagai tempat penyimpanan file-file, Anda dapat membuat folder baru dengan mudah di area Media. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat folder baru sebagai tempat penyimpanan file di area Media Joomla.

Masuk terlebih dahulu ke area administrator (backend) Joomla dan kemudian klik menu Content > Media.

Membuat folder baru di Media Joomla

Di laman Media yang muncul, klik tombol Create New Folder yang terletak di bagian atas untuk mulai membuat folder baru.

Membuat folder baru di Media Joomla

Di dalam kotak teks yang kosong, di samping kiri tombol Create Folder, tuliskan nama folder baru yang ingin dibuat, misalnya folder1234 dan kemudian klik tombol Create Folder.

Membuat folder baru di Media Joomla

Apabila proses pembuatan folder baru berjalan lancar, Folder baru (folder1234) ditampilkan di area Media sebelah kiri.

Membuat folder baru di Media Joomla

Baca artikel terkait lainnya: