Banner CMS Joomla

Cara Menghapus File Dari Media Manager

Suatu artikel tidak selamanya akan up-to-date, terutama yang terkait dengan berita atau ilmu-ilmu yang terus mengalami perkembangan seperti teknologi informasi dan komputer. Untuk artikel online yang sudah tidak up-to-date, Anda perlu memasukkannya atau menghapusnya dari daftar tayang. Sebuah artikel online umumnya terdiri dari beberapa komponen. Selain sebagian besar terdiri atas teks, sebuah artikel terkadang juga disertai dengan gambar atau video.

Komponen penyusun sebuah artikel dari suatu situs umumnya terpisah-pisah. Untuk teks dapat ditulis langsung ke dalam skrip atau tag html, sedangkan komponen pendukung seperti gambar dan video terlebih dahulu harus disimpan di direktori web dari situs tersebut sebelum disertakan ke dalam artikel. Apabila artikel sudah tidak up-to-date (usang), artikel bisa dihapus dari penayangan tetapi file gambar atau video masih berada di direktori web dan menjadi sampah yang akan membebani ruang penyimpanan dan menyulitkan pengelolaan.

Hal ini tidak berbeda apabila Anda membuat sebuah situs yang berisi banyak artikel dengan menggunakan CMS Joomla. Joomla mengharuskan Anda untuk mengunggah (upload) file gambar atau video ke dalam folder di Media Folders yang ada di area Media Manager sebelum digunakan sebagai komponen pendukung artikel. Ketika artikel dihapus dari penayangan, file-file ini tidak ikut terhapus dan masih berada di dalam folder.

File-file pendukung yang tidak ikut serta terhapus dan menjadi sampah ini, akan tetap memakan ruang memori dan menyulitkan pengelolaan file-file lain yang ada di dalam folder yang sama bersamanya. Anda perlu menghapus file semacam ini supaya tidak membebani kapasitas ruang penyimpanan dan memudahkan pengelolaan. Berikut ini langkah-langkah menghapus file-file pendukung yang sudah tidak terpakai apabila Anda menggunakan CMS Joomla.

Masuk terlebih dahulu ke area administrasi (backend) Joomla dan kemudian klik Content > Media Manager.

Menghapus file dari media manager Joomla

Di area Media Manager sebelah kiri, pilih folder tempat file yang akan dihapus berada.

Menghapus file dari media manager Joomla

Beri tanda centang di kotak centang (check box) dari file-file yang akan dihapus dan kemudian tekan tombol Delete yang berada di sebelah kanan atas.

Menghapus file dari media manager Joomla

Anda dapat melihat pesan bahwa proses penghapusan untuk file terakhir telah selesai.

Menghapus file dari media manager Joomla

Anda dapat memperhatikan bahwa file-file yang diseleksi telah terhapus.

Menghapus file dari media manager Joomla

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.