Banner CMS Joomla

Menghubungkan Menu Atau Submenu Ke Artikel Tunggal Di Joomla

Joomla adalah sistem manajemen konten yang digunakan untuk membuat berbagai tipe website dinamis. Perkembangannya yang pesat, kemudahan untuk digunakan, kelengkapan fitur dan ekstensinya membuat Joomla menjadi pilihan di antara sistem manajemen konten lainnya. Salah satu fitur Joomla yang tidak dapat dihindari untuk digunakan saat membuat tipe website apapun adalan tipe item menu (menu item type). Dengan fitur ini, Anda dapat menghubungkan menu atau submenu yang ada di website Joomla dengan berbagai tipe item menu seperti Articles, Contacts, News Feeds dan lainnya sebagainya.

Tipe item menu, baik Articles, Contacts maupun News Feeds, juga memiliki beberapa pilihan di dalamnya. Anda dapat menentukan sendiri mana yang akan digunakan sesuai kebutuhan website Joomla yang dibuat. Namun demikian, sangat sering menu atau submenu website Joomla dihubungkan dengan artikel. Sebagai contoh, Anda dapat menghubungkan menu atau submenu yang dibuat di website Joomla ke sebuah artikel (single article). Saat menu atau submenu tersebut diklik, artikel yang telah dihubungkan dengan menuatau submenu akan ditampilkan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghubungkan menu atau submenu ke sebuah artikel Joomla.

Masuk terlebih dahulu ke area administrasi (backend) Joomla, kemudian klik menu Menus dan kemudian pilih submenu Main Menu. Struktur menu dan submenu website Joomla Anda ditampilkan. Pilih salah satu menu atau submenu yang akan dihubungkan dengan artikel tunggal (single article), misalnya submenu Google+.

Menghubungkan menu item ke artikel tunggal di Joomla

Di laman Menus: Edit Item, klik tombol Select warna biru berlabel Menu Item Type.

 Menghubungkan menu item ke artikel tunggal di Joomla

Dari jendela Menu Item Type yang muncul, pilih ata klik Articles.

Menghubungkan menu item ke artikel tunggal di Joomla

Masih di jendela Menu Item Type, dari daftar pilihan jenis artikel yang muncul, pilih Single Article.

 Menghubungkan menu item ke artikel tunggal di Joomla

Anda akan dibawa kembali ke laman Menus: Edit Item, klik tombol Select berlabel Select Article untuk memilih artikel tunggal yang akan dihubungkan dengan menu item Google+.

 Menghubungkan menu item ke artikel tunggal di Joomla

Dari jendela Select or Change Article yang muncul, pilih atau klik sebuah artikel untuk dihubungkan dengan menu item Google+.

Menghubungkan menu item ke artikel tunggal di Joomla

Setelah memilih sebuah artikel untuk dihubungkan dengan menu item Google+, Anda akan dibawa kembali ke laman Menus: Edit Item. Klik tombol Save & Close untuk menyimpan perubahan yang telah dibuat. Sekarang menu item Google+ sudah dihubungkan dengan sebuah artikel tunggal. Apabila menu item Google+ diklik, maka artikel tunggal tersebut ditampilkan.

Menghubungkan menu item ke artikel tunggal di Joomla

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.