Banner CMS Joomla

Merubah Teks Default Dengan Language Override Manager

Joomla 2.5 dirilis dengan mengalami banyak perubahan terutama terkait hadirnya beberapa fitur baru. Beberapa fitur baru yang hadir merupakan peningkatan yang dapat dikategorikan utama (major improvements) seperti dukungan terhadap beberapa database baru, update yang lebih mudah, mesin pencari baru yang lebih peka untuk area administrasi Joomla dan juga fitur smart search. Peningkatan-peningkatan lain yang dapat dikategorikan biasa tetapi masih sangat berguna adalah Language Override Manager, fitur yang merubah teks-teks standar bawaan saat instalasi Joomla menjadi teks-teks yang Anda tentukan sendiri.

Kemampuan fitur yang ditingkatkan ini tentunya sangat berguna sekali. CMS Joomla dan berbagai ekstensi yang ada sebagian besar dikembangkan atau dibuat dalam bahasa inggris sehingga teks standar yang ditampilkan di area front-end Joomla juga dalam bahasa inggris. Ketika Anda memanfaatkan Joomla untuk membuat situs berbahasa Indonesia, tentunya teks-teks bawaan CMS Joomla dan juga berbagai ekstensi yang terpasang (installed) perlu diganti dengan teks berbahasa indonesia. Walaupun tidak semua teks standar dari ekstensi dapat dirubah, sebagian besar ekstensi yang masuk dalam kategori language (dilambangkan dengan kotak kecil warna orange dengan huruf L) dapat dirubah menggunakan Language Override Manager.

Di Joomla, sebuah teks bahasa tersusun atas dua bagian yaitu konstanta bahasa (language constant) dan nilai (value). Nilai di sini adalah teks standar yang ditampilkan di front-end (situs) Joomla. Sampai saat ini, apabila ingin merubah teks standar yang ditampilkan, Anda perlu mengarah ke folder bahasa (language folder) dari web direktori situs dan teks dengan teks yang Anda tentukan sendiri. Anda tentu sudah membayangkan kesulitan-kesulitan yang akan ditemui, tetapi jangan kawatir, Joomla 2.5 memberikan kemudahan untuk melakukan itu semua.

Joomla 2.5 hadir dengan fitur pencarian string atau teks bahasa build-in yang digunakan untuk merubah teks standar. Dengan fitur ini, Anda dapat merubah teks-teks (string) bawaan dan tidak perlu takut akan merubah file-file inti Joomla. Anda juga dapat dengan mudah menghapus atau merubahnya kembali melalui area Language Manager. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk merubah teks (string) standar bawaan dengan teks yang Anda tentukan sendiri:

Perhatikan potongan gambar di bawah ini. Ada 4 judul artikel joomla yang terlihat di kolom Title. Teks "Title" adalah teks atau string bawaan Joomla yang akan muncul saat mengklik link yang mengacu ke Category List. Judul kolom yang berbahasa Inggris kurang serasi disandingkan dengan judul artikel berbahasa Indoneia. Teks "Title" perlu dirubah agar serasi menjadi teks lain misalnya "Judul Artikel".

Menggunakan language override manager di Joomla

Masuk terlebih dahulu ke administrasi (backend) Joomla dan kemudian klik menu Extensions > Language Manager

Menggunakan language override manager di Joomla

Setelah area Language Manager terbuka, klik tab Overrides.

Menggunakan language override manager di Joomla

Untuk membuat language override baru, klik tombol New yang berada di sudut kanan atas.

Menggunakan language override manager di Joomla

Setelah area language overrides terbuka, perhatikan area sebelah kanan yaitu kotak Search text you want to change. Pastikan Anda mengklik radio button berlabel Value, di dalam kotak teks (text box) bagian atas, ketikkan teks "Title" yang ingin dirubah dan kemudian klik tombol Search.

Menggunakan language override manager di Joomla

Hasil pencarian kata adalah daftar konstanta dan nilai yang terkait dengan teks "Title" yang ditampilkan di bagian bawah. Anda dapat mengklik link atau teks More Results yang ada dibagian paling bawah untuk melihat hasil pencarian lebih banyak. Dari hasil pencarian, ada beberapa nilai berupa teks "Title" dengan konstanta berbeda. Anda perlu mencoba-coba konstanta mana yang terkait dengan kolom Title yang berisi daftar artikel seperti yang dimaksud di atas. Klik salah satu, misalnya konstanta JGLOBAL_TITLE.

Menggunakan language override manager di Joomla

Kotak teks berlabel Language Constant * dan Text telah terisi dengan nama konstanta dan nilainya. Ganti nilai "Title" yang ada di kotak teks berlabel Text dengan nilai "Judul Artikel" dan kemudian tekan tombol Save & Close untuk menyimpan perubahan.

Menggunakan language override manager di Joomla

Anda dapat melihat di bagian paling bawah bahwa language override baru yang Anda definisikan berhasil disimpan. Untuk melihat hasil perubahan, buka kembali halaman situs sebelumnya atau segarkan kembali (refresh) halaman situs yang masih terbuka.

Menggunakan language override manager di Joomla

Judul kolom dari daftar artikel yang sebelunya berupa teks "Title" telah berubah menjadi teks "Judul Artikel".

Menggunakan language override manager di Joomla

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.