Banner CMS Joomla

Membuat Menu Tanpa Tautan Ke Konten (Tidak Aktif Ketika Diklik)

Sebuah website yang baik seharusnya memiliki alat navigasi untuk mengarah ke berbagai konten yang ada. Dengan alat navigasi, seorang pengunjung website dapat dengan mudah menjelajah dan menemukan konten-konten yang terdapat di dalamnya. Menu merupakan salah satu jenis alat navigasi yang umum ada di sebuah website. Keberadaan menu selain digunakan untuk mempercantik situs itu sendiri, juga sebagai sarana utama yang dipakai pengunjung untuk menjelajah konten atau isi website.

Joomla menyediakan berbagai kemudahan dalam membuat menu yang mengarahkan ke konten-konten website. Ada berbagai tipe konten yang dapat dihubungkan dengan menu joomla, misalnya artikel, daftar artikel yang ada di kategori, daftar artikel yang ada di semua kategori, artikel yang ada di daftar arsip dan masih banyak lagi. Dengan tool Menu Manager, Anda juga dapat membuat menu, submenu dan menu item. Menu yang tidak memiliki link (tautan) ke konten website biasanya dijadikan sebagai menu utama (root menu) atau submenu yang bisa mempunyai submenu-submenu atau menu item-menu item yang lain.

Menu utama dan submenu biasanya tidak memiliki tautan ke konten website, sedangkan menu item (item menu) umumnya memiliki link ke sebuah artikel atau daftar artikel, sebuah artikel atau daftar artikel arsip, uncategorised article dan lain sebagainya. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat submenu LibreOffice yang ada di menu utama Aplikasi. Submenu LibreOffice tidak memiliki link ke jenis konten website manapun, tetapi Anda nantinya dapat menambahkan menu item seperti LibreOffice Writer, LibreOffice Calc, LibreOffice Impress dan lain sebagainya yang memiliki link ke artikel atau daftar artikel yang sesuai.

Dari gambar berikut ini, dapat diperhatikan bahwa Microsoft Office, OpenOffice.org dan Adobe Products adalah submenu yang tidak mempunyai link ke konten website, tetapi mempunyai menu item yang memiliki link ke daftar artikel terkait. Untuk membuat submenu LibreOffice yang menyerupai ketiga submenu tersebut, terlebih dahulu Anda masuk ke area administrasi (backend) Joomla.

Membuat menu tanpa tautan ke konten website

Pilih atau klik menu Menus > Main Menu > Add New Menu Item.

Membuat menu tanpa tautan ke konten website

Klik tombol Select yang ada di sebelah kanan kotak teks berlabel Menu Item Type untuk menentukan tipe menu yang akan dibuat. 

Membuat menu tanpa tautan ke konten website

Untuk membuat submenu yang tidak memiliki link ke berbagai konten situs (tidak aktif ketika diklik), dari jendela yang ditampilkan, pilih External URL dari kelompok System Links yang ada di bagian kanan bawah.

Membuat menu tanpa tautan ke konten website

Masukkan teks "LibreOffice" di kotak teks Menu Title dan pastikan nilai kotak pilihan yang ada di bawahnya sama dengan tampilan gambar berikut ini. Tekan tombol Save & Close yang ada di bagian kanan atas untuk mengakhiri proses pembuatan submenu yang tidak akan aktif ketika diklik.

Membuat menu tanpa tautan ke konten website

Buka kembali situs Anda atau refresh kalau belum ditutup. Arahkan ke menu Aplikasi dan perhatikan bahwa submenu LibreOffice yang baru Anda buat telah berada dalam menu utama Aplikasi.

Membuat menu tanpa tautan ke konten website

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.