Banner CMS Joomla

Merubah Urutan Susunan Obyek Modul Di Posisi Modul Yang Sama

Joomla merupakan content management system (CMS) yang paling banyak digunakan saat ini untuk membuat website dinamis secara instan. Karena kemudahannya, banyak orang awam yang tidak memiliki latar belakang ilmu komputer, memanfaatkan CMS ini untuk membuat website. Joomla sendiri menggunakan sebuah template yang terdiri dari blok-blok yang disebut dengan posisi modul (module position) untuk menampilkan berbagai jenis obyek modul.

Di Joomla, sebuah posisi modul pada umumnya dapat ditempati lebih dari satu obyek modul. Misalnya, module position bernama left dari template Business 9 yang penulis gunakan ini, akan menampilkan obyek modul di posisi kiri. Apabila posisi left ini digunakan oleh lebih dari satu obyek modul, maka obyek modul tersebut akan disusun secara otomatis dari atas ke bawah. Obyek modul yang paling pertama ditambahkan, akan berada di posisi paling atas. Obyek modul yang ditempatkan berikutnya akan berada di bawahnya dan begitu seterusnya.

Urutan susunan obyek modul di posisi left atau di posisi-posisi lain sebenarnya tidak tetap. Apabila posisi left memiliki lebih dari satu obyek modul, Anda masih bisa merubah urutan susunan obyek-obyek tersebut sesuai keinginan. Anda dapat memperhatikan contoh di bawah ini dimana posisi left berisi dua obyek modul yaitu obyek modul kalender dan jam. Urutan susunan obyek modul di posisi left akan dirubah dengan objek jam berada di atas dan objek kalender berada di bawah.

Susunan obyek modul di posisi modul yang sama

Masuk terlebih dahulu ke area administrator Joomla (Joomla backend) dan kemudian pilih atau klik menu Extensions > Module Manager.

Susunan obyek modul di posisi modul yang sama

Cari Module yang ingin Anda rubah susunan urutannya (dalam contoh ini adalah module Minicalendar dan Vinaora World Time Clock yang berada di posisi left). Anda dapat memperhatikan nilai yang terdapat di dalam kotak di kolom Ordering untuk kedua module tersebut masih sama yaitu 1.

Susunan obyek modul di posisi modul yang sama

Untuk bisa merubah nilai yang terdapat di dalam kotak tersebut atau untuk menampilkan ikon panah, klik column header yang berlabel Ordering.

Susunan obyek modul di posisi modul yang sama

Anda dapat perhatikan bahwa di kolom Ordering telah ditambahkan tanda panah yang masing-masing memiliki arah ke atas atau ke bawah dan nilai yang ada di dalam kotak sekarang juga sudah dapat dirubah. Anda juga dapat perhatikan bahwa column header berlabel Ordering juga telah ditambah tombol dengan ikon sorting dan saving.

Susunan obyek modul di posisi modul yang sama

Rubah nilai yang sebaris dengan module Minicalendar (obyek kalender) menjadi 2 dan biarkan nilai untuk Vinaora World Time Clock (obyek Jam) tetap 1.

Susunan obyek modul di posisi modul yang sama

Klik ikon Save yang ada di column header berlabel Ordering untuk menyimpan perubahan.

Susunan obyek modul di posisi modul yang sama

Anda dapat perhatikan bahwa kini urutan obyek modul di posisi left telah berubah. Module Vinaora World Time Clock berada di posisi pertama (atas) dan module Minicalendar berada di posisi ke dua (bawah).

Susunan obyek modul di posisi modul yang sama

Buka kembali laman website atau refresh apabila masih terbuka untuk melihat hasil perubahan. Anda dapat perhatikan bahwa sekarang posisi obyek kalendar dan jam telah burubah.

Susunan obyek modul di posisi modul yang sama

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.