Banner CMS Joomla

Merubah Fungsionalitas Editor TinyMCE Dari Advanced Ke Extended

Joomla merupakan salah satu Content Management System yang mengalami perkembangan cukup pesat. Kelengkapan fitur dan kemudahan dalam penggunaannya membuat CMS Joomla menjadi pilihan terbaik dibandingkan dengan CMS lain yang ada. Joomla bersifat open source dan dapat diunduh secara gratis untuk digunakan oleh siapa saja. Dengan Joomla, Anda dapat membuat berbagai jenis website seperti website penjualan online, pendidikan, berita (portal) dan lain sebainya. Terkait sifatnya yang dinamis karena dikelola dengan memanfaatkan database, konten-konten situs Joomla dapat dengan mudah dihapus, ditambah, dirubah, maupun disimpan sebagai arsip.

Dari berbagai konten website Joomla, salah satunya adalah dalam bentuk artikel. Ketika sedang membuat artikel untuk website Joomla, Anda akan menggunakan editor bawaan yaitu TinyMCE. Editor TinyMCE merupakan editor bawaan Joomla dengan kemampuan yang lebih dari cukup untuk sekedar membuat artikel. Ketika belum dilakukan penyesuaian untuk editor bawaan ini, fungsionalitas TinyMCE masih dalam mode Advanced. Dengan masih dalam mode Advanced ini, Anda hanya mendapatkan minimum toolbar yang dapat digunakan untuk membuat artikel. Untuk dapat menampilkan seluruh toolbar dari editor TinyMCE, Anda perlu merubah fungsionalitas editor tersebut dari Advanced ke Extended.

Perhatikan minimum toolbar yang dapat Anda gunakan ketika editor TinyMCE masih dalam mode Advanced.

Fungsionalitas editor TinyMCE

Untuk menampilkan keseluruhan toolbar dari editor TinyMCE untuk membuat artikel lebih maksimal, masuk terlebih dahulu ke area administrator (backend) Joomla dan kemudian klik atau pilih menu Extensions > Plug-in Manager.

Fungsionalitas editor TinyMCE

Cari plug-in bernama Editor - TinyMCE dan kemudian klik.

Fungsionalitas editor TinyMCE

Pengaturan untuk editor TinyMCE ditampilkan. Di area sebelah kanan, di bagian Basic Options, ganti nilai di kotak pilihan berlabel Functionality dari Advanced menjadi Extended.

Fungsionalitas editor TinyMCE

Pastikan Anda telah benar-benar memilih mode Extended dan kemudian klik tombol Save & Close yang ada di pojok kanan atas untuk menyimpan perubahan.

Fungsionalitas editor TinyMCE

Di bawah ini adalah tampilan toolbar editor TinyMCE dalam mode Extended.

Fungsionalitas editor TinyMCE

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.