Banner CMS Joomla

Cara Menonaktifkan (Disable) Tombol Editor Di Joomla

CMS Joomla mempunyai beberapa editor bawaan, salah satunya adalah TinyMCE yang digunakan sebagai sarana untuk membuat artikel (postingan) di website Joomla. Editor ini berfungsi layaknya word processor seperti Microsoft Office Word dengan toolbar yang sudah cukup memadai untuk sekedar membuat artikel online. Joomla tidak membatasi Anda untuk menggunakan editor bawaannya. Anda diberi kebebasan untuk menambahkan editor-editor lain dari pihak ketiga. Salah satu editor handal yang dapat ditambahkan ke Joomla adalah editor JCE. Editor ini memiliki fitur yang hampir sama dengan editor TinyMCE tetapi lebih bisa menerima penyisipan script dari luar dan juga pembuatan link (tautan) ke konten internal joomla.

Ketika sedang menulis sebuah artikel dengan editor Joomla manapun, Anda akan mendapati empat buah tombol yang berada di bawah area penulisan artikel yaitu Article, Image, Page Break dan Read More. Jika JCE menjadi pilihan yang akan digunakan sebagai editor Joomla, mungkin Anda akan menonaktifkan (disable) keempat tombol tersebut karena telah terwakili oleh beberapa tombol di toolbar dari editor JCE. Anda dapat memeriksa beberapa tombol terakhir di toolbar dari editor JCE dimana memiliki fungsi yang sama dengan keempat tombol tersebut. Untuk menghilangkan (disable) tombol Article, Image, Page Break dan Read More, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat ikuti:

Perhatikan editor JCE yang berfungsi untuk membuat artikel online dengan empat tombol bawaannya.

Menonaktifkan (disable) tombol editor di Joomla

Empat tombol yang berada di bawah area penulisan artikel akan dihilangkan (dinonaktifkan) karena telah terwakili oleh beberapa tombol yang ada di toolbar editor JCE.

Menonaktifkan (disable) tombol editor di Joomla

Untuk menonaktifkan keempat tombol tersebut, masuk terlebih dahulu ke area administrator (backend) Joomla dan kemudian pilih menu Extensions > Plug-in Manager.

Menonaktifkan (disable) tombol editor di Joomla

Dari kotak drop-down Select Type yang ada di area sebelah kanan atas, pilih editors-xtd.

Menonaktifkan (disable) tombol editor di Joomla

Anda dapat melihat keempat tombol tersebut masih dalam status aktif dengan ikon (icon) lingkaran warna hijau dengan tanda centang di kolom Status.

Menonaktifkan (disable) tombol editor di Joomla

Klik sekali di masing-masing ikon lingkaran warna hijau dengan tanda centang untuk menonaktifkannya (disabled) sehingga akan berubah menjadi ikon lingkaran warna merah.

Menonaktifkan (disable) tombol editor di Joomla

Anda bisa menampilkan editor JCE kembali dan memperhatikan bahwa keempat tombol yang berada di bawah area penulisan artikel telah dinonaktifkan.

Menonaktifkan (disable) tombol editor di Joomla

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.