Banner CMS Joomla

Merubah Template Area Administrator (Backend) Joomla

Ketika Anda telah selesai menginstal Joomla 2.5.x, Anda akan diberi tiga buah template pilihan yang digunakan sebagai area front-end situs Joomla dan dua template area administrasi pilihan yang digunakan untuk area administrasi (backend) Joomla. Template bawaan untuk area front-end adalah Atomic, Beez5 dan Beez2, sedangkan untuk area administrasi adalah Bluestork dan Hathor. Secara standar, template yang digunakan untuk area frontend adalah Beez2 dan untuk area administrasi adalah Bluestork. Selain template-template bawaan tersebut, Anda bebas untuk menginstal (menambah) template baik untuk frontend maupun backend Joomla dari pihak ketiga (third party).

Joomla merupakan CMS untuk membuat situs dinamis secara instan. Sebagai pembuat dan sekaligus admin situs Joomla, Anda akan seringkali menggunakan area administrasi, yang secara default adalah tampilan area administrasi dari Bluestork. Terkadang Anda akan merasa jenuh dengan tampilan yang sama dan menginginkan sesuatu yang berbeda baik dalam hal warna maupun tata letak (layout). Dalam situasi yang demikian, Anda dapat mengganti template area administrasi Joomla dengan yang lain. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengganti template area administrasi di CMS Joomla.

Secara standar, area administrasi Joomla menggunakan template Bluestork sebagaimana gambar di bawah ini.

Merubah template area administrator (backend) Joomla

Untuk mengganti template area administrasi Joomla, Klik menu Extensions > Template Manager.

Merubah template area administrator (backend) Joomla

Sekali lagi Anda dapat memperhatikan bahwa template standar yang digunakan sebagai area administrasi Joomla adalah Bluestork - Default.

Merubah template area administrator (backend) Joomla

Beri centang di kotak centang (check box) yang ada di samping kiri template area administrasi Hathor - Default dan kemudian klik tombol Make Default (tombol dengan ikon bintang warna orange) yang ada di posisi atas.

Merubah template area administrator (backend) Joomla

Anda dapat memperhatikan perubahan tampilan setelah menggunakan template area administrasi Hathor - Default.

Merubah template area administrator (backend) Joomla

Berikut ini adalah tampilan control panel dari template area administrasi Hathor - Default.

Merubah template area administrator (backend) Joomla

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.