Banner CMS Joomla

Cara Mengganti Editor Default CMS Joomla

Joomla merupakan salah satu Content Management System (CMS) yang mengalami perkembangan cukup pesat dengan tampilan antar muka (interface) yang mengesankan baik di area backend maupun frontend. Didukung oleh banyak pengembang ekstensi (template, language, component, module dan plugin) baik yang berbayar maupun gratis (free), menjadikan Joomla sebagai CMS pilihan untuk membuat website instan dan dinamis. CMS Joomla telah menjadi aplikasi web yang paling banyak digunakan saat ini.

Salah satu fitur penting dalam Content Management System adalah keberadaan editor WYSIWYG (What You See Is What You Get). Editor WYSIWYG berperan penting dalam pembuatan artikel yang akan menjadi konten utama website Joomla. Ketika Anda menginstal CMS Joomla sebagai aplikasi web pilihan, Anda akan mendapatkan tiga editor secara cuma-cuma. Editor-editor tersebut adalah Editor TinyMCE, Editor None dan Editor CodeMirror. Editor default (standar) yang digunakan di Joomla adalah Editor TinyMCE. Editor TinyMCE sudah lebih dari cukup untuk membuat artikel termasuk fungsi menyisipkan gambar, video, film dan beberapa unsur media lainnya, sedangkan editor None dan CodeMirror tidak mendukung fungsi selengkap TinyMCE dan untuk menggunakannya, Anda perlu mengerti dan paham menulis dalam bentuk script HTML.

Pada umumnya, setiap editor WYSIWYG memiliki kemiripan fungsi walaupun tetap ada kelebihan dan kekurangannya antara yang satu dengan yang lain. Apabila Anda belum merasa cukup dengan ketiga editor bawaan CMS Joomla, Anda dapat menambahkan editor lain dari pihak ketiga seperti editor JCK, JoomlaCK, JCE atau yang lainnya. Anda tidak perlu bingung bagaimana mengaktifkan salah satu editor tersebut untuk digunakan di Joomla. Melalui area backend (administrator) Joomla, Anda dapat mengaktifkan salah satu editor sebagai editor default yang digunakan setiap kali membuat artikel. Apabila Anda telah menginstal editor dari pihak ketiga dan ingin mengganti editor default Joomla saat ini, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Anda dapat memperhatikan bahwa gambar di bawah ini adalah editor TinyMCE, editor bawaan dan default yang digunakan CMS Joomla.

Mengganti editor default (standar) CMS Joomla

Untuk mengganti ke editor yang lain, masuk terlebih dahulu ke area backend (administrator) Joomla, klik menu Site > Global Configuration.

Mengganti editor default (standar) CMS Joomla

Di area Global Configuration, pastikan Anda berada di tab site. Dari kotak daftar drop down berlabel Default Editor, pilih editor lain, misalnya Editor - JCE.

Mengganti editor default (standar) CMS Joomla

Klik tombol Save & Close yang terletak di sudut kanan atas untuk menyimpan perubahan.

Mengganti editor default (standar) CMS Joomla

Ketika Anda membuat sebuah artikel baru untuk website Joomla , editor default CMS Joomla telah berubah menjadi editor JCE.

Mengganti editor default (standar) CMS Joomla

Baca arrtikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.