Banner CMS Joomla

Cara Menambahkan File Flash (SWF) Di Artikel Joomla

SWF adalah format file Adobe Flash yang dugunakan untuk multimedia, vector graphics dan Action Script. File SWF dapat berisi animasi dan applet dengan interaktifitas dan fungsi yang beragam. File SWF dapat dihasilkan dari beberapa aplikasi produk Adobe seperti Flash, Flash Builder dan After Effects, beberapa aplikasi open source seperti Motion-Twin ActionScript 2 Compiler (MTASC), Ming library dan SWFTools, serta program dari pihak ketiga seperti Multimedia Fusion 2, Captivate dan SWiSH Max. Sekarang ini, SWF menjadi file format dominan untuk menampilkan grafis vektor animasi di web.

Apabila disertakan di dalam sebuah web, file flash dapat menambah keindahan web itu sendiri. Ini bisa menjadi salah satu daya tarik pengunjung situs sebagaimana pemilik situs harapkan. File flash (SWF) adalah salah satu format file yang juga didukung oleh CMS Joomla. Anda dapat membuat file flash dan mengunggah (upload) file tersebut di folder images atau subfolder dari folder images. Ketika sebuah file flash sudah diunggah di folder images, Anda dapat menampilkannya di posisi modul (module position) tertentu dari template yang digunakan atau menyisipkannya ke dalam sebuah artikel. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menambahkan (menyisipkan) file flash (swf) ke dalam artikel Joomla:

Pastikan terlebih dahulu Anda telah mengunggah (upload) file flash di folder images atau subfolder dari folder images. Buka sebuah artikel Joomla yang akan iberi file flash.

Menambahkan file flash (SWF) di artikel Joomla

Klik tombol Insert/Edit Embedded Media (tombol dengan ikon roll film tegak).

Menambahkan file flash (SWF) di artikel Joomla

Dari jendela Insert/Edit Embedded Media, pilih Flash sebagai tipe file, tulis nama file flash beserta dengan direktorinya secara lengkap, tentukan dimensi tampilan file flash dan kemudian klik tombol Insert.

Menambahkan file flash (SWF) di artikel Joomla

Di bawah artikel akan muncul kotak warna kuning dengan logo flash di tengahnya. Ini menunjukkan bahwa file flash telah berhasil ditambahkan ke dalam artikel. Untuk mengakhiri dan menyimpan perubahan, klik tombol Save & Close yang terletak di sudut kanan atas.

Menambahkan file flash (SWF) di artikel Joomla

Jalankan kembali situs dan kemudian buka artikel Joomla yang telah diberi file flash. File flash yang telah ditambahkan akan secara otomatis dijalankan saat artikel terbuka.

Menambahkan file flash (SWF) di artikel Joomla

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.