Banner CMS Joomla

Menambahkan Peta Google (Google Map) Di Artikel Joomla

Di sebuah situs, terkadang Anda akan menemukan artikel yang juga memuat sebuah peta (map). Menambahkan sebuah peta di sebuah artikel terkadang dirasa perlu untuk menyesuaikan kebutuhan. Umumnya, artikel dengan peta di dalamnya dapat ditemukan di situs-situs perusahaan, perguruan tinggi dan juga kantor-kantor pemerintah. Hal ini dapat membantu yang berkepentingan menemukan lokasi dengan mudah dan tepat.

Joomla merupakan salah satu aplikasi web sistem manajemen konten (SMK) untuk membuat web instan dan dinamis. Joomla memiliki fitur yang memungkinkan Anda menambahkan peta ke dalam artikelnya. Dengan menggunakan peta dari Google (Google Map), Anda dapat menentukan lokasi tertentu yang diinginkan dan menampilkannya di artikel Joomla. Anda cukup mengambil kode peta yang dihasilkan untuk ditambahkan ke dalam artikel.

Dengan menggunakan pengaturan (setting) default CMS Joomla, mungkin Anda tidak akan bisa menampilka Google Map di artikel. Kode yang dihasilkan dari Google Map akan dipotong atau dihilangkan (dihapus) dari editor yang digunakan. Anda perlu melakukan perubahan pengaturan (sedikit konfigurasi) pada Joomla agar penambahan Google Map dapat dilakukan ke dalam artikel. Hal ini terjadi mungkin karena aspek keamanan CMS Joomla yang tangguh bila dibandingkan dengan CMS lainnya. Anda tidak perlu kawatir, dengan mengikuti petunjuk dan langkah-langkah, penambahan Google Map ke dalam artikel Joomla dapat dilakukan dengan mudah.

Apabila Anda menggunakan Joomla 2.5, untuk memastikan bahwa penambahan Google Map di artikel Joomla dapat dilakukan, Anda perlu sedikit merubah pengaturan standar (default setting) Joomla seperti yang ada di artikel Memperbolehkan penyisipan JavaScript dan iFrame Di Joomla atau di artikel Memperbolehkan Penyisipan JavaScript Dan iFrame Di Joomla 3.1 untuk pengguna Joomla 3. Untuk mendapatkan peta lokasi yang ditentukan dari Google Map, jalankan salah satu browser dan ketikkan https://maps.google.com.

Menambahkan peta Google (Google Map) ke artikel Joomla

Ketikkan lokasi yang akan ditampilkan di Google Map, misalnya Cipedak, Jakarta, Indonesia.

Menambahkan peta Google (Google Map) ke artikel Joomla

Klik tombol Link dengan ikon rantai untuk menampilkan kode yang akan ditambahkan di artikel Joomla. Anda dapat menggunakan kode dengan bingkai iframe. Anda juga dapat merubah lebar dan tinggi iframe yang akan ditampilkan dengan merubah nilai atribut width dan height. Salin (copy) kode tersebut.

Menambahkan peta Google (Google Map) ke artikel Joomla

Buka artikel Joomla yang akan diberi kode yang berasal dari Google Map.

Menambahkan peta Google (Google Map) ke artikel Joomla

Klik tombol HTML untuk menyisipkan kode dengan menggunakan mode Edit HTML Source.

Menambahkan peta Google (Google Map) ke artikel Joomla

Tambahkan kode yang telah Anda salin (copy) ke posisi yang diinginkan di artikel dan kemudian tekan tombol Update untuk mengakhiri.

Menambahkan peta Google (Google Map) ke artikel Joomla

Simpan dan akhiri penambahan Google Map ke dalam artikel dengan mengklik tombol Save & Close. Jalankan situs Joomla kembali dan kemudian buka artikel yang telah diberi peta dari Google Map. Anda sekarang dapat memperhatikan bahwa penambahan peta Google di artikel Joomla telah berhasil.

Menambahkan peta Google (Google Map) ke artikel Joomla

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.