Banner CMS Joomla

Membuat Peta Situs (Sitemap) Situs Joomla Dengan Xmap

Ketika Anda berfikir tentang sitemap, dalam benak Anda mungkin akan terbayang sebuah file XML (Extensible Markup Language) yang berisi link (tautan) ke setiap halaman sebuah situs. Apa yang Anda perkirakan memang tidak salah. Sitemap adalah file XML yang mendaftar semua url sebuah situs berikut dengan metadata masing-masing url sehingga mesin pencari (search engine) dapat merayapi (crawl) situs tersebut dengan lebih baik. Tanpa sitemap, proses perayapan halaman web (web pages) membutuhkan waktu lebih lama, terlebih lagi apabila halaman web situs terus menerus bertambah. Dengan bantuan sitemap, ini akan membantu memastikan mesin telusur mengetahui keseluruhan halaman web dan dapat merayapinya dengan lebih maksimal. Hal ini akan mengakibatkan banyak halaman web situs yang terindeks dan pada akhirnya akan menaikkan rangking situs.

Joomla merupakan salah satu Content Management System (CMS) pilihan untuk membuat berbagai jenis situs dinamis. Perkembangan yang terjadual, tampilan front-end dan back-end yang semakin mentereng, ketersedia banyak ekstensi baik yang gratis dan berbayar dan dukungan dari banyak pengembang (developer) menjadi daya tarik tersendiri bagi web designer dan web developer. Sebagai seorang yang memanfaatkan aplikasi web Joomla, menjadikan situs Joomla dapat terindeks dengan baik oleh berbagai mesin telusur adalah keharusan. Dan Anda seharusnya tahu bagaimana cara membuat situs Joomla dapat diindeks secara maksimal.

Anda dapat memanfaatkan banyak ekstensi untuk membuat sitemap situs Joomla. Salah satu ekstensi Joomla untuk menghasilkan sitemap adalah Xmap. Xmap adalah komponen (component) Joomla yang dapat menghasilkan sitemap dengan memanfaatkan struktur menu situs. Apabila situs Joomla Anda memiliki struktur menu yang baik, penggunaan Xmap akan sesuai harapan. Anda akan dimudahkan untuk membuat sitemap dengan memanfaatkan struktur menu situs Joomla Anda. Xmap akan menghasilkan sitemap secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu mengulangi lagi hanya untuk melakukan update. Anda juga dapat melihat frekuensi perubahan untuk masing-masing menu.

Setelah sitemap berhasil dibuat, Anda dapat menambahkannya ke Google Webmaster atau alat webmaster untuk mesin telusur lain dan robots.txt dari situs Joomla Anda. Ini adalah langkah yang agak panjang, tetapi semua disajikan agar Anda dapat dengan mudah mengikutinya. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat sitemap situs Joomla menggunakan komponen Xmap. Cara instalasi Xmap sama dengan cara instalasi ekstensi Joomla yang lain seperti template, module atau plugin.

Diasumsikan Anda telah berhasil menginstal komponen Xmap, klik menu Components > Xmap.

Membuat peta situs (sitemap) situs Joomla dengan Xmap

Klik tab Extensions untuk mengaktifkan beberapa plug-in yang diperlukan.

Membuat peta situs (sitemap) situs Joomla dengan Xmap

Aktifkan (enable) Xmap - Content Plugin dan Xmap - WebLinks Plugin.

Membuat peta situs (sitemap) situs Joomla dengan Xmap

Klik kembali menu Components > Xmap.

Membuat peta situs (sitemap) situs Joomla dengan Xmap

Pastikan Anda berada di tab Sitemaps dan kemudian klik tombol New dari deretan tombol di sudut kanan atas untuk mulai membuat sitemap.

Membuat peta situs (sitemap) situs Joomla dengan Xmap

Buat sitemap baru dan di area sebelah kanan, pastikan Anda memberi tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Main Menu.

Membuat peta situs (sitemap) situs Joomla dengan Xmap

Klik tombol Save & Close untuk mengakhiri. Anda akan mendapatkan pesan bahwa sitemap baru telah berhasil disimpan. Klik link (tautan) dengan label XML Sitemap untuk melihat hasilnya. Saat kursor mouse diarahkan mendekati tautan tersebut, Anda akan dianjurkan untuk menambahkan (submit) sitemap ke Google (Google Webmasters) dan mesin telusur yang lain.

Membuat peta situs (sitemap) situs Joomla dengan Xmap

Sitemap akan ditampilkan di tab berbeda dari peramban (browser) yang Anda gunakan. Salin (copy) url yang ditampilkan di kotak teks alamat url dari peramban yang Anda gunakan (disorot dengan tampilan biru).

Membuat peta situs (sitemap) situs Joomla dengan Xmap

Masuk ke cPanel dan rubah (edit) file robots.txt yang berada di direktori public_html. Tambahkan url yang Anda salin ke baris terakhir dari file robots.txt, simpan dan kemudian tutup.

Membuat peta situs (sitemap) situs Joomla dengan Xmap

Untuk menambahkan sitemap ke Google Webmasters, masuk (login) ke Google Webmasters terlebih dahulu, klik nama situs Joomla Anda, klik Pengoptimalan dan kemudian klik Peta Situs.

Membuat peta situs (sitemap) situs Joomla dengan Xmap

Klik tombol TAMBAHKAN/UJI PETA SITUS dan tambahkan alamat url yang telah Anda salin cukup dimulai dari kata index (index.php?option=com_xmap&view=xml&tmpl=component&id=1).

Membuat peta situs (sitemap) situs Joomla dengan Xmap

Dengan membuat sitemap, menambahkannya ke Google Webmaster dan file robots.txt, maka halaman-halaman web dari situs Joomla Anda akan terindeks lebih cepat dan maksimal. Sitemap ini juga bisa Anda tambahkan ke alat webmaster dari mesin telusur (serach engine) yang lain.

Membuat peta situs (sitemap) situs Joomla dengan Xmap

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.