Banner CMS Joomla

Cara Menghapus Artikel Joomla Secara Permanen

Joomla merupakan salah salah satu Content Management System (CMS) yang sekarang ini banyak digunakan oleh web designer dan web publisher untuk membuat website secara instan dan dinamis. Salah satu kekuatan utama sebuah web adalah isi atau kontennya (disebut artikel dalam situs Joomla). CMS Joomla memberikan perhatian yang cukup pada antar muka (interface) untuk pembuatan artikel. Ketika Anda membuat artikel, Anda dihadapkan pada antar mukan yang menarik, tersusun rapi, sederhana dan pengaturan fitur terkait yang jelas. Di versi Joomla 3.x, antar muka untuk pembuatan antikel tampil semakin menarik dengan fitur terkait yang semakin ditingkatkan.

Isi materi artikel sebuah website Joomla tidak selamanya akan up-to-date (relevan dengan situasi saat ini). Artikel Joomla yang telah dipublikasikan cukup lama akan menjadi usang dan seharusnya dihentikan dari penyajian (tidak disajikan lagi untuk pengunjung blog atau website Joomla). Anda harus menghentikan penyajian (unpublish) sehingga tidak dapat lagi diakses oleh pengunjung. Sedikit artikel yang sudah tidak up-to-date mungkin tidak menjadi masalah, akan tetapi apabila dalam jumlah banyak tentu akan membebani ruang penyimpanan hosting yang disewa. Artikel yang sudah tidak dipublikasikan akan menjadi sampah dan tetap berada di database situs Joomla. Ada saatnya dimana Anda harus menghapus artikel tersebut secara permanen. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghapus artikel di website Joomla secara permanen.

Masuk terlebih dahulu ke area administrasi (backend) Joomla, kemudian klik menu Content > Article Manager.

Menghapus artikel joomla secara permanen

Apabila diperlukan, pastikan Anda memilih terlebih dahulu kategori artikel untuk menampilkan daftar artikel di kategori tersebut dan kemudian beri tanda centang di kotak centang (check box) dari artikel-artikel yang akan dihapus.

Menghapus artikel joomla secara permanen

Klik tambol Trash (ikon tempat sampah warna biru) yang terletak di sudut kanan atas untuk membuang sementara ke tempat sampah.

Menghapus artikel joomla secara permanen

Pilih Trashed dari kotak pilihan drop-down berlabel Select Status.

Menghapus artikel joomla secara permanen

Artikel yang sementara Anda buang ke tempat sampah ditampilkan, beri tanda centang di kotak centang (check box) dari artikel yang akan dihapus secara permanen.

Menghapus artikel joomla secara permanen

Klik tombol Empty trash untuk menghapus artikel tersebut secara permanet.

Menghapus artikel joomla secara permanen

Apabila proses penghapusan artikel secara permanen berhasil, sebuah pesan bahwa artikel telah dihapus ditampilkan.

Menghapus artikel joomla secara permanen

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.