Sebagaimana Joomla 2.5, Joomla 3 masih menyertakan tiga buah editor yang sama. Saat Anda selesai menginstalasi Joomla di server web, Anda masih menjumpai tiga editor bawaan yaitu Editor - TinyMCE, Editor - None dan Editor - CodeMirror. Secara standar, Joomla 3 menggunakan editor TinyMCE untuk keperluan pembuatan artikel maupun custom module. Editor TinyMCE mempunyai kemampuan yang lebih dari cukup untuk keperluan pembuatan artikel. Sedangkan dua editor yang lain lebih menuntut pemakainya mempunyai kemampuan dalam menggunakan tag-tag html.

TinyMCE (Tiny Moxiecode Content Editor) termasuk editor WYSIWYG (What You See Is What You Get), editor visual yang mampu menterjemahkan tulisan normal ke dalam format html. Tanpa menggunakan editor WYSIWYG, konten (artikel atau postingan) yang ditampilkan melalui peramban (web browser) harus ditulis dalam format html. Pertama kali digunakan, editor TinyMCE masih dalam mode advanced sehingga hanya menampilkan minimum tombol perintah. Untuk memaksimalkan penggunaan editor ini, Anda perlu merubah fungsionalitasnya dari mode advenced ke extended sehingga tombol perintah akan diaktifkan seluruhnya. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk merubah fungsionalitas editor TinyMCE dari mode advanced ke extended:

Perhatikan fungsionalitas editor TinyMCE dengan mode advanced. Tombol perintah di editor TinyMCE untuk mendukung pembuatan artikel masih ditampilkan minimal.

Merubah Fungsionalitas Editor TinyMCE Di Joomla

Masuk terlebih dahulu ke area administrasi (backend) Joomla, klik menu Extensions > Plug-in Manager.

Merubah Fungsionalitas Editor TinyMCE Di Joomla

Cari plug-in Joomla dengan nama Editor - TinyMCE dan kemudian klik.

Merubah Fungsionalitas Editor TinyMCE Di Joomla

Pastikan Anda berada di tab Basic Options, dari kotak daftar drop-down berlabel Functionality, pilih Extended dan kemudian klik tombol Save & Close untuk menyimpan perubahan.

Merubah Fungsionalitas Editor TinyMCE Di Joomla

Apabila kemudian Anda membuat artikel baru atau merubah artikel yang sudah ada, maka tombol perintah di editor TinyMCE akan ditampilkan maksimal.

Merubah Fungsionalitas Editor TinyMCE Di Joomla

Baca artikel terkait lainnya: