Banner CMS Joomla

Cara Membuat Website Joomla 3.1 Offline

Jika Anda mempunyai pengaturan website Joomla secara normal, maka website tersebut dalam status atau keadaan online. Dengan status online, setiap pengunjung (visitor) dapat mengakses dan mengunjungi website untuk mengakses setiap konten yang ada di dalamnya. Sekalipun tidak sering, ada kalanya Anda dihadapkan pada situasi untuk membuat status website Joomla dalam kondisi offline untuk sementara waktu sehingga pengunjung situs tidak dapat mengakses konten yang ada di dalamnya.

Umumnya, keadaan offline diperlukan ketika Anda sedang dalam tahap mengembangkan website (update, upgrade atau edit) dan untuk sementara waktu belum siap online. Menjadikan website offline masih memungkinkan Anda atau administrator lain bekerja dalam mode private. Dalam mode private untuk status Joomla offline, Anda atau administrator lain tetap dapat melihat tampilan website secara utuh dan melihat hasil perubahan yang dilakukan dengan memasukkan user name dan password website Joomla. Status offline hanya ditujukan kepada pengunjung umum yang sementara waktu tidak akan dapat melihat tampilan website kecuali pesan bahwa website sedang dalam pemeliharaan.

Di Joomla, membuat status website menjadi offline tidaklah sulit. Artikel ini menunjukkan kepada Anda bagaimana membuat website Joomla dalam keadaan offline sehingga tidak dapat diakses secara publik tetapi masih tetap tersedia untuk Anda dan administrator lain. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat atau merubah status website Joomla 3 ke offline:

Masuk terlebih dahulu ke area administrasi (backend) Joomla, klik menu System > Global Configuration.

Cara Membuat website Joomla offline

Pastikan Anda berada di tab Site, pilih Yes untuk Site Offline dan kemudian ketikkan pesan yang akan dibaca ketika website Joomla dalam status offline di kota teks Offline Message. Untuk menambahkan logo atau gambar agar tampilan pesan offline semakin menarik, klik tombol Select dari label Offline Image.

Cara Membuat website Joomla offline

Dari jendela yang muncul, pilih logo atau gambar yang Anda inginkan dan klik tombol Insert. Apabila belum tersedia, Anda dapat mengunggah (upload) terlebih dahulu melalui tombol Choose Files yang terletak di posisi bawah.

Cara Membuat website Joomla offline

Tekan tombol Save & Close untuk menyimpan perubahan setelan (setting).

Cara Membuat website Joomla offline

Untuk melihat hasilnya, jalankan website Joomla Anda.

Cara Membuat website Joomla offline

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.