Banner CMS Joomla

Cara Memasang (Install) Komponen (Component) Di Joomla 3.1

Menurut dokumentasi Joomla, komponen (component) merupakan salah satu jenis ekstensi Joomla (Joomla extension). Komponen merupakan unit-unit fungsi utama Joomla dan dapat dipandang sebagai aplikasi mini. Apabila diibaratkan sebagai perangkat lunak sebuah komputer, Joomla adalah sistem operasi dan komponen adalah aplikasinya. Umumnya, komponen mempunyai area administrasi yang digunakan untuk mengelola atau mengkonfigurasi komponen itu sendiri. Sebuah komponen dapat dikenali dengan mudah dari awalah com_ yang melekat pada nama file paket (package file) berekstensi .zip yang diunduh (walaupun tidak semua komponen harus diawali dengan com_)

Anda dapat menemukan berbagai jenis komponen di JED (Joomla! Extensions Directory) atau di situs penyedia ekstensi Joomla yang lain. Sebagaimana dengan ekstensi Joomla seperti modul (module) atau plugin, komponen juga harus diinstal di sistem Joomla sebelum digunakan. Salah satu komponen yang banyak diinstal (dipasang) adalah editor JCE. JCE adalah editor WYSIWYG yang bersifat gratis, dapat diunduh dan digunakan oleh siapa saja. Sekalipun Joomla telah memiliki tiga editor bawaan, editor JCE dapat menjadi pelengkap karena memiliki beberapa fitur yang tidak ditemukan di ketiga editor bawaan Joomla, salah satunya adalah fitur untuk membuat link dari sebuah modul ke sebuah artikel tertentu dengan mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menginstal komponen (editor JCE) di sistem Joomla Anda:

Diasumsikan bahwa Anda telah mengunduh (download) komponen Editor JCE, masuk terlebih dahulu ke area administrator (backend) Joomla dan kemudian klik menu Extensions > Extension Manager.

Cara memasang (install) komponen di Joomla

Pastikan Anda berada di tab Upload Package File dan kemudian klik tombol Choose File.

Cara memasang (install) komponen di Joomla

Dari jendela Open yang muncul, cari folder tempat penyimpanan file paket (com_jce-2324) yang telah diunduh (download) sebelumnya, pilih file paket tersebut dan kemudian klik tombol Open.

Cara memasang (install) komponen di Joomla

Untuk mulai memasang (install) komponen, klik tombol Upload & Install.

Cara memasang (install) komponen di Joomla

Apabila instalasi komponen berjalan dengan baik, Anda akan mendapatkan pesan bahwa instalasi komponen telah sukses dilakukan.

Cara memasang (install) komponen di Joomla

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.