Banner CMS Joomla

Memperbolehkan Penyisipan JavaScript Dan iFrame Di Joomla 3.1

Joomla 3.1 memiliki tiga buah editor bawaan yaitu Editor - TinyMCE, Editor - None dan Editor - CodeMirror. Secara standar, editor TinyMCE yang diaktifkan dan bekerja dalam mode visual (WYSIWYG). Di mode ini, Anda dapat membuat artikel (konten) lanyaknya menggunakan aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word. Anda tidak perlu bingung menggunakan tag-tag HTML yang memang cukup merepotkan. Anda hanya perlu memanfaatkan tombol-tombol perintah dari editor TinyMCE untuk membuat artikel website Joomla.

Ada kalanya Anda berkeinginan untuk menyisipkan kode atau skrip (script) yang berasal dari luar, misalnya kode afiliasi seperti Google Adsense atau kode yang diperoleh dari video Youtube. Namun demikian, editor TinyMCE Joomla melarang penyisipan kode apapun ke dalam artikel yang dibuat menggunakan editor ini, baik menggunakan mode visual (WYSIWYG) maupun mode HTML. Kode JavaScript atau iFrame akan diformat kembali, dipotong atau dihapus sama sekali dari artikel yang telah disimpan. CMS Joomla memang terkenal memiliki keamanan yang cukup tinggi dibandingkan dengan CMS lainnya sehingga proses penyisipan kode dari luar menjadi masalah.

Permasalahan tersebut sebenarnya terkait dengan pengaturan keamanan (security setting) yang diberlakukan di Joomla. Untuk Joomla 3.1, hal ini terletak pada konfigurasi global (global configuration) dan konfigurasi pada editor TinyMCE itu sendiri. Anda juga perlu pahami bahwa setiap editor yang digunakan di Joomla memiliki konfigurasi berbeda, misalnya editor seperti JCE. Dalam situasi dimana memang perlu untuk menyisipkan kode (JavaScript atau iFrame) yang diperoleh dari luar, Anda perlu melakukan perubahan terkait dengan pengaturan keamanan bawaan (default security setting) di Joomla. Berikut ini adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk membolehkan penyisipan kode (JavaScript atau iFrame) di artikel Joomla:

Masuk terlebih dahulu ke area administrasi (backend) Joomla dan klik menu System > Global Configuration.

Memperbolehkan penyisipan javascript dan iframe di Joomla

Pastikan Anda berada di tab Text Filters, dari kotak daftar drop-down berlabel Super Users, pilih No Filtering dan kemudian simpan dengan mengklik tombol Save & Close.

Memperbolehkan penyisipan javascript dan iframe di Joomla

Kembali lagi ke menu, klik menu Extensions > Plug-in Manager.

Memperbolehkan penyisipan javascript dan iframe di Joomla

Pastikan Anda menemukan plug-in bernama Editor - TinyMCE dan kemudian klik link Editor -TinyMCE tersebut.

Memperbolehkan penyisipan javascript dan iframe di Joomla

Pastikan Anda berada di tab Basic Options dengan mengklik link Basic Options.

Memperbolehkan penyisipan javascript dan iframe di Joomla

Di kotak teks berlabel Prohibited Elements, hilangkan teks "script" dan "iframe" dan kemudian akhiri perubahan dengan mengklik tombol Save & Close.

Memperbolehkan penyisipan javascript dan iframe di Joomla

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.