Ketika Anda selesai menginstal Joomla di sistem komputer atau di web server, Joomla telah menyertakan tiga buah editor bawaan yaitu Editor - TinyMCE, Editor - None dan Editor CodeMirror. Joomla menggunakan TinyMCE sebagai editor standar untuk keperluan pembuatan artikel website Joomla. Editor TinyMCE merupakan editor WYSIWYG, artinya Anda dapat membuat artikel seolah-olah Anda membuat dokumen menggunakan aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Office Word, walaupun sebenarnya artikel yang ditampilkan melalui peramban (browser) internet harus ditulis dalam bentuk skrip HTML. Dua editor bawaan Joomla lainnya lebih menuntut Anda untuk dapat membuat artikel dalam bentuk skrip HTML.

Editor TinyMCE sudah lebih dari cukup untuk memfasilitasi pembuatan artikel Joomla. Walaupun demikian, beberapa pengguna Joomla terkadang menambahkan satu atau lebih editor pihak ketiga karena alasan adanya beberapa fitur yang lebih memudahkan dibandingkan editor bawaan. Sebagai contoh, Editor JCE memiliki fitur yang dapat membuat tautan (link) dari sebuah modul (module) Joomla ke sebuah artikel atau kategori artikel. Bila Anda ingin menggunakan editor pihak ketiga, misalnya Editor JCE, Anda perlu menginstalnya terlebih dahulu dan kemudian merubah editor standar di sistem Joomla Anda dari editor TinyMCE ke editor JCE. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:

Perhatikan tampilan Editor - TinyMCE yang sementara ini menjadi editor default yang digunakan oleh sistem Joomla Anda.  Editor Joomla ditampilkan ketika Anda membuat artikel atau custom module.

Mengganti editor default (standar) di CMS Joomla

Untuk mulai mengganti editor default sistem Joomla Anda, masuk terlebih dahulu ke area backend (administrator) Joomla dan kemudian klik menu System > Global Configuration.

Mengganti editor default (standar) di CMS Joomla

Pastikan Anda berada di tab Site, di kotak teks drop-down berlabel Default Editor, pilih Editor - JCE dan kemudian klik tombol Save & Close untuk menyimpan dan mengakhiri perubahan.

Mengganti editor default (standar) di CMS Joomla

Ketika Anda mulai membuat konten atau artikel untuk website Joomla, maka editor default sistem Joomla telah berganti ke editor JCE.

Mengganti editor default (standar) di CMS Joomla