Arti penting sebuah website atau situs terletak pada konten yang disajikannya. Anda dapat melihat berbagai unsur konten yang umumnya ada pada sebuah halaman website (web page) seperti teks, gambar, video, suara atau juga obyek flash. Konten sebuah halaman website Joomla dapat terdiri dari unsur-unsur tersebut atau campurannya. Di konten (umumnya dalam bentuk artikel) website Joomla, teks dapat langsung dibuat menggunakan editor yang telah tersedia. Untuk menambahkan file media seperti gambar, video, suara atau flash ke sebuah konten website, file media harus diunggah (upload) terlebih dahulu ke direktori di web server dari domain website Joomla Anda

Secara stnadar, CMS Joomla membatasi ukuran file yang diunggah sampai hanya 10 MB. Hal ini tentu akan menjadi kendala apabila Anda ingin mengunggah file dengan ukuran lebih dari 10 MB. Misalnya, Anda ingin mengunggah file video berukuran 25 MB yang akan disertakan di sebuah konten yang sedang dibuat, Anda tidak dapat mengunggah file video tersebut ke direktori di web server kecuali harus merubah batasan maksimal file yang dapat diunggah. Apabila Anda sering kali mengunggah file media dengan ukuran besar, berikut ini adalah langkah-langkah untuk merubah batasan maksimal file yang dapat diunggah di Joomla 3.1:

Masuk terlebih dahulu ke area backend (administrator) Joomla dan kemudian klik menu Content > Media Manager.

Merubah batasan ukuran file yang bisa diunggah di Joomla

Di area Media Manager, klik tombol Options.

Merubah batasan ukuran file yang bisa diunggah di Joomla

Di kotak teks berlabel Maximum Size (in MB), ganti nilai sesuai dengan keinginan Anda atau nilai 0 untuk tidak membatasi ukuran file yang bisa diunggah dan kemudian tekan tombol Save & Close.

Merubah batasan ukuran file yang bisa diunggah di Joomla

Baca artikel terkait lainnya: