Joomla merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang tumbuh dan mengalami perkembangan cukup pesat. Sejak dari tahun 2007 sampai sekarang, Joomla telah menapaki bebera versi, mulai dari versi 1.0, 1.5, 1.6, 1.7, 2.5 sampai yang terbaru yaitu versi 3. Kalau dilihat, sebenarnya versi CMS Joomla terdiri dari tiga angka. Angka-angka tersebut menunjukkan versi Joomla secara keseluruhan yang dapat dibagi menjadi versi mayor (major version), versi minor (minor version) dan versi pemeliharaan (maintenance version) atau lebih sering ditulis dengan pola X.Y.Z. X untuk versi mayor, Y untuk versi minor dan Z untuk versi pemeliharaan.

Pergantian versi mayor memerlukan rentang waktu yang lama, versi minor memerlukan rentang waktu yang lebih pendek dan untuk versi maintenance memerlukan rentang waktu yang relatif pendek (bisa dalam hitungan bulan). Umumnya, versi mayor dan minor dikeluarkan apabila ada perubahan mendasar di struktur CMS Joomla itu sendiri, sedangkan untuk versi maintenance dikeluarkan lebih karena adanya faktor yang berkaitan dengan celah keamanan (security issue).

Apabila telah keluar versi Joomla baru, apakah terkait perubahan pada versi mayor, minor atau maintenance, Anda sangat dianjurkan untuk memperbaharui (update) versi Joomla yang digunakan. Keluaran versi terbaru akan lebih kuat dilihat dari aspek sekuriti dan mungkin juga adanya fitur-fitur baru Joomla.

Apabila Anda sering berada di area backend (area administrasi) Joomla, dengan baik hati Joomla akan memberitahu bahwa telah ada versi terbaru yang dikeluarkan dan Anda dianjurkan untuk memperbaharui versi Joomla yang digunakan. Apabila Anda tahu pasti bahwa telah ada versi Joomla terbaru dan karena suatu hal Joomla tidak mendeteksinya, Anda perlu sedikit usaha untuk mengetahui adanya versi terbaru tersebut di area administrasi Joomla. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menampilkan versi terbaru dan memperbaharui versi Joomla.

Di contoh ini, versi Joomla yang sedang berjalan adalah Joomla 3.4.4. Pada saat artikel ini ditulis telah ada versi Joomla 3.4.5, namun karena suatu hal, area administrasi Joomla tidak mendeteksi adanya versi terbaru. Di bagian MAINTENANCE, status Joomla masih up-to-date.

Memperbarui versi Joomla

Agar area administrasi Joomla mendeteksi adanya versi terbaru, klik menu Component dan kemudia pilih Joomla! Upadate.

Memperbarui versi Joomla

Di halaman Joomla! Update, Anda tetap akan mendapatkan informasi bahwa belum ada update untuk versi Joomla terkini. Klik tombol Clear cache untuk membersihkan cache yang ada.

Memperbarui versi Joomla

Setelah selesai, halaman Joomla! Update akan menemukan adanya versi Joomla terkini yaitu Joomla 3.4.5. Di sini, Anda dapat langsung memperbaharui Joomla ke versi terkini, namun yang perlu pastikan adalah memastikan bahwa semua ekstensi Joomla yang digunakan cocok dengan versi terkini. Yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan backup terlebih dahulu demi keamanan situs Anda. Klik tombol Install the Update untuk mulai memperbaharui Joomla ke versi terkini.

Memperbarui versi Joomla

Proses memperbaharui versi Joomla berjalan. Tunggu sampai proses ini selesai.

Memperbarui versi Joomla

Apabila proses memperbaharui versi Joomla berjalan lancar, akan muncul pesan bahwa proses memperbaharui telah berhasil dan Joomla Anda menggunakan versi terkini.

Memperbarui versi Joomla

Baca artikel terkait lainnya: