Para pengembang inti CMS Joomla telah berjanji bahwa mulai dari Joomla versi 2.5, akan diberikan kemudahan dalam update (pembaruan) atau upgrade (meningkatkan) versi melalui area administrasi (backend) Joomla. Apa yang mereka janjikan kini telan menjadi kenyataan. Setiap ada update seri rilis yang sama, akan ada pemberitahuan di area administrasi bahwa telah tersedia update terbaru untuk versi Joomla yang digunakan.

Joomla membagi rilis versi menjadi dua kategori yaitu LTS (Long Term Support) dan STS (Standard Term Support). Joomla versi 1.5 dan 2.5 masuk kategori LTS yang diberi dukungan kurang lebih 21 bulan. Dukungan untuk Joomla versi 1.5 telah berakhir pada tahun 2012 dan versi 2.5 diperkirakan akan berakhir di pertengahan tahun 2014 atau tidak lama setelah rilis Joomla 3.5. Joomla versi 1.0, 1.6, 1.7, 3.0, 3.1 dan yang terbaru 3.2 masuk kategori STS yang hanya diberi dukungan kurang lebih 7 bulan.

Joomla akan secara teratur memberikan update seri rilis yang sama selama kurun waktu tertentu. Jika Anda sekarang ini telah menggunakan Joomla versi 3.0.0, Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa telah tersedia update seri rilis yang sama ke Joomla versi 3.x.x di area administrasi. Kemudahan update seri rilis yang sama adalah Anda cukup menggunakan tombol update yang telah disediakan untuk mulai memperbarui ke versi yang terkini.

Masuk terlebih dahulu ke area administrasi Joomla dan Anda akan melihat pemberitahuan adanya update seri rilis yang sama Joomla 3. Untuk mulai melakukan update, klik tombol Update now.

Memperbarui (update) seri rilis yang sama Joomla

Di area Joomla! Update, klik tombol Install the update.

Memperbarui (update) seri rilis yang sama Joomla

Proses update seri rilis yang sama Joomla 3 dimulai.

Memperbarui (update) seri rilis yang sama Joomla

Jika update seri rilis berjalan lancar, Joomla Anda sekarang telah memiliki versi terkini.

Memperbarui (update) seri rilis yang sama Joomla

Baca artikel terkait lainnya: