Tata letak (layout) sebuah website yang dibangun dengan Joomla pada dasarnya tergantung dari template yang digunakan. Template sendiri memiliki blok-blok yang disebut dengan posisi modul (module position) sebagai tempat berbagai obyek modul (modules). Setiap template memiliki tata letak blok yang berbeda. Di Joomla, sebuah posisi modul umumnya dapat ditempati oleh lebih dari satu obyek modul. Apabila posisi modul yang sama ditempati oleh lebih dari satu obyek modul, maka obyek modul tersebut akan disusun secara otomatis dari atas ke bawah, obyek modul pertama berada di posisi atas dan yang berikutnya berada di posisi bawah.

Urutan susunan obyek modul di posisi modul yang sama tidaklah statik, Anda masih bisa merubah urutan susunan obyek-obyek modul tersebut sesuai keinginan. Di artikel Merubah Urutan Susunan Obyek Modul Di Posisi Modul Yang Sama, Anda dapat mempelajari bagaimana merubah urutan susunan obyek-obyek modul di posisi yang sama di Joomla 2.5. Namun mulai dari Joomla 3, merubah urutan susunan obyek-obyek modul menjadi lebih mudah dan sederhana dengan cara drag-and-drop. Berikut ini adalah langkah-langkah bagaimana merubah urutan susunan obyek-obyek modul di posisi modul yang sama di Joomla 3.3.6:

Di bawah ini adalah sreenshot susunan obyek modul dimana obyek modul kalender berada di atas obyek modul iklan Bhineka. Di artikel ini akan ditunjukkan cara merubah susunan obyek-obyek tersebut dimana obyek modul kalender akan ditempatkan di bawah obyek modul iklan Bhinneka.

Merubah urutan susunan onyek modul di Joomla

Masuk terlebih dahulu ke area administrasi Joomla, klik menu Extension > Module Manager untuk menampilkan daftar modul. Dari screenshot di bawah ini, Anda dapat melihat urutan modul-modul dimana modul MiniCalendar berada di atas modul Banner Afiliasi Bhinneka Kiri.

Merubah urutan susunan onyek modul di Joomla

Untuk merubah susunan obyek-obyek modul, klik ikon dua anak panah yang menghadap ke atas dan ke bawah terlebih dahulu untuk mengaktifkan proses drag-and-drop.

Merubah urutan susunan onyek modul di Joomla

Tempatkan kursor (cursor) tepat di ikon tiga titik kecil (three dots) yang sebaris dengan modul Banner Afiliasi Bhinneka Kiri, kemudian klik, tahan dan seret (drag) ke atas modul MiniCalendar dan kemudian lepaskan (drop). Sekarang pasisi modul Banner Afiliasi Bhinneka Kiri telah berada di atas modul MiniCalendar.

Merubah urutan susunan onyek modul di Joomla

Segarkan (refresh) situs Anda untuk melihat perubahan. Anda dapat memperhatikan bahwa sekarang obyek modul Kalender telah merada di bawah obyek modul iklan Bhinneka.

Merubah urutan susunan onyek modul di Joomla

Baca artikel terkait lainnya: