Banner CMS Joomla

Membuat Form Kontak (Contact Form) Dengan Komponen Bawaan Joomla

Form kontak (contact form) merupakan salah satu fasilitas yang seharusnya ada di setiap website. Dengan form kontak ini, pengunjung website dapat memberikan saran, masukan atau kritikan kepada pemilik atau pengelola website. Membuat form kontak di Joomla tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan komponen dari pihat ketiga seperti Mad4Joomla untuk membuat form kontak di Joomla. Joomla sendiri sebenarnya telah memiliki komponen bawaan (built-in component) untuk membuat form kontak. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat form kontak di Joomla 3.4:

Masuk terlebih dahulu ke area administrasi (backend) Joomla, pilih dan klik menu Component > Contacts > Contacts.

Membuat form kontak (contact form) di Joomla

Halaman Contact Manager: Contacts ditampilkan, klik tombol New untuk mulai membuat form kontak.

Membuat form kontak (contact form) di Joomla

Halaman Contact Manager: Contact ditampilkan. Isi kotak teks berlabel Nama, misalnya Admin Termasmedia, kotak teks berlabel Linked User dengan mengklik tombol biru di sampingnya, kotak teks berlabel Image dengan mengklik tombol Select untuk memilih url image yang akan digunakan dan yang terpenting adalah kotak teks berlabel Email (isi alamat email, bisa alamat email Anda atau pengelola website yang lain) sebagai alamat tujuan email dari pengunjung dikirimkan). Tekan tombol Save & Close untuk mengakiri.

Membuat form kontak (contact form) di Joomla

Buat menu untuk dihubungkan ke form kontak yang telah dibuat di atas dengan mengklik menu Menus > Main Menu > Add New Menu Item.

Membuat form kontak (contact form) di Joomla

Halaman Menu Manager: New Menu Item ditampilkan. Isi kotak teks berlabel Menu Title, kotak teks berlabel Menu Item Type dengan mengklik tombol Select > pilih Contacts > Single Contact dan kotak berlabel Link dengan mengklik tombol Select > pilih nama form kontak yang sebelumnya telah dibuat (dalam contoh ini Admin Termasmedia).

 Membuat form kontak (contact form) di Joomla

Masih di halaman Menu Manager: New Menu Item, klik tab Contact Display Options, di kotak daftar drop-down berlabel Display Format, pilih Plain. Untuk mengakhiri pembuatan menu yang terhubung ke form kontak, klik tombol Save & Close.

Membuat form kontak (contact form) di Joomla

Secara otomatis menu Kontak kami akan ditambahkan di website Anda. Klik menu tersebut untuk menampilkan form kontak. Apabila di bagian atas form kontak muncul Error, hal ini dikarenakan nilai Default Captcha di Global Configurations adalah Captcha - ReCaptcha. Untuk sementara waktu, Anda tidak perlu menggunakan captcha karena harus melakukan pengaturan pada plugin Captcha - ReCaptcha.

Membuat form kontak (contact form) di Joomla

Untuk menonaktifkan sementara waktu penggunaan captcha di form kontak, klik menu System > Global Configuration. Dari halaman Global konfiguration yang muncul, di kotak daftar drop-down berlabel Default Captcha pilih Non Selected dan kemudian simpan dengan menekan tombol Save & Close.

Membuat form kontak (contact form) di Joomla

Klik kembali menu Kontak kami untuk menampilkan form kontak yang telah dibuat.

Membuat form kontak (contact form) di Joomla

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.