Pin It

Di artikel Membuat Form Kontak (Contact Form) Dengan Komponen Bawaan Joomla, Anda dapat mengetahui bagaimana cara membuat form kontak (contact form) menggunakan komponen bawaan Joomla. Namun form kontak yang dihasilkan tidak menampilkan captcha untuk sementara waktu. Hal ini dikarenakan nilai Default Captcha di Global Configuration adalah None Selected. Apabila Anda mengaktifkan Captcha ReCaptcha namun belum melakukan pengaturan dengan memasukkan key yang diperlukan di plugin Captcha ReCaptcha, maka akan muncul pesan error di form kontak yang dibuat.

Captcha ReCaptcha adalah plugin Joomla yang menggunakan Google Captcha untuk menampilkan captcha di form kontak (contact form). Captcha berfungsi untuk memastikan bahwa pengirim pesan atau email adalah manusia dan bukan robot spam. Captcha adalah cara yang paling baik dalam mencegah antivitas spam di Joomla karena robot spam tidak dapat membaca kode (huruf, angka atau perpaduan keduanya) yang tertera di dalam gambar captcha. Pesan atau email belum bisa terkirim apabila kode yang dimasukkan salah. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menambahkan captcha di form kontak Joomla:

Pastikan terlebih dahulu bahwa nilai Default Captcha adalah Captcha - ReCaptcha dengan mengklik menu Syatem > Global Configuration, di kotak daftar drop-down berlabel Default Captcha pilih Captcha - ReCaptcha.

Menambahkan Captcha ReCaptcha di form kontak Joomla

Pastikan terlebih dahulu Anda mempunyai dua key yang diperlukan agar captcha dapat bekerja. Untuk mendapatkannya, Anda perlu mempunyai akun Google. Klik tautan mendapatkan captcha untuk menuju halaman reCAPTCHA Google, klik tombol get reCAPTCHA, isi form yang ditampilkan dan kemudian klik tombol Register untuk mendapatkan site key dan secret key.

Kemudian lakukan pengaturan di plugin Captcha - ReCaptcha dengan mengklik menu Extentions > Plugin Manager. Dari halaman Plugin Manager: Plugins yang muncul, cari dan klik plugin bernama Captcha - ReCaptcha.

Menambahkan Captcha ReCaptcha di form kontak Joomla

Dari halaman Plugin Manager: CAPTCHA - reCAPTCHA yang muncul, masukkan dua key yang Anda peroleh sebelumnya ke kotak teks Site Key dan Secret Key dan kemudian akhiri dengan menekan tombol Save & Close.

Menambahkan Captcha ReCaptcha di form kontak Joomla

Untuk melihat hasilnya, refresh atau klik kembali menu tautan ke form kontak yang dibuat (dalam contoh ini menu Kontak Kami) dan perhatikan apakah captcha telah ditambahkan.