Banner CMS Joomla

SEO Joomla: Pentingnya Keberadaan Dan Kegunaan Fitur Redirect (Pengalihan)

Bagi Anda yang mendalami dunia web atau bahkan telah memiliki situs sendiri yang dibangun dengan CMS Joomla, tentu tidak akan asing dengan istilah 404 errors (not found error message). 404 error adalah kode respon standar dari HTTP yang menunjukkan bahwa klien dapat berkomunikasi dengan server namun server tidak menemukan apa yang diminta atau dicari. Tentu saja 404 error tidak dapat dihindari apabila penyebabnya adalah, misalnya pengunjung situs salah menulis url sehingga laman web tidak ditemukan yang akhirnya memicu terjadinya 404 error.

Dalam kasus yang lain, Anda dapat mencegah terjadinya 404 error dengan memanfaatkan fitur Redirect (fitur pengalihan) Joomla apabila penyebabnya adalah, misalnya Anda mengganti url sebuah laman web yang sudah terindeks dengan url baru. Pengindeksan memerlukan waktu untuk dapat memperbarui url baru tersebut. Laman web dengan url lama akan tetap dirujuk ketika seseorang mencari dan menemukan laman web ini menggunakan mesin telusur. Apabila dibuka dan url laman web telah berubah, maka laman web tidak akan ditemukan yang akhirnya memicu terjadinya 404 error.

Seiring berjalannya waktu, Anda akan menjumpai ratusan atau bahkan ribuan broken links (tautan-tautan rusak) di laman Redirect yang semuanya memicu pada pesan error 404. Jumlah yang banyak ini mungkin saja terjadi karena dipicu adanya bots yaitu program yang dapat bekerja secara otomatis. 404 error seharusnya dihindari karena dapat berdampak pada menurunnya rangking sebuah situs. Anda bisa saja kehilangan banyak pengunjung apabila link rusak tersebut mengacu ke laman-laman populer dari sebuah situs atau mungkin juga mesin telusur akan memberi hukuman pada situs Anda seperti penurunan ranking karena banyaknya link rusak.

Di CMS Joomla, fitur Redirect mulai diperkenalkan di Joomla 1.6. Sebelum diperkenalkan, salah satu cara menemukan dan memperbaiki link yang rusak adalah dengan menggunakan bantuan ekstensi dari pihak ketiga seperti Screaming Frog atau bisa juga melihatnya di log server hosting. Dengan kehadiran fitur Redirect, sekarang Anda dapat mengidentifikasi dan mengelola link yang rusak melalui area administrasi (backend) Joomla. Versi kerkini Joomla saat artikel ini ditulis adalah Joomla 3.5, namun sayang masih sedikit pengguna Joomla yang tidak mengetahui keberadaan dan kegunaan fitur ini.

Inti fitur Redirect adalah menghindari adanya 404 error dengan cara mengarahkan kembali pengunjung ke link yang masih aktif. Anda tentu saja perlu untuk mengarahkan kembali pengunjung situs dari link yang rusak (laman tidak ditemukan) ke link yang hidup (laman aktif saat ini). Secara standar, fitur Redirect ini tidak aktif, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur redirect, menemukan tautan rusak (broken link) dengan cepat, melakukan pengalihan satu per satu (individual redirect) dan pengalihan massal (redirect in bulk):

1.   Mengaktifkan fitur Redirect.

Secara standar, fitur Redirect Joomla ini nonaktif. Anda dapat mengetahuinya dengan cara mengakses fitur Redirect melalui menu Component > Redirect.

Menggunakan fitur Redirect di Joomla

Di laman Redirect yang muncul, Anda dapat memperhatikan tulisan warna merah yang menandakan bahwa plugin untuk fitur Redirect tidak diaktifkan. Untuk menggunakan fitur Redirect, Anda perlu mengaktifkan plugin ini.

Menggunakan fitur Redirect di Joomla

Untuk mengaktifkan plugin Redirect, klik menu Extention > Plugins untuk menampilkan semua plugin yang telah terinstal di situs Joomla Anda.

Menggunakan fitur Redirect di Joomla

Cara tercepat menemukan plugin Redirect adalah dengan mengetikkan kata "redirect" di kotak pencarian dan kemudian tekan tombol Search yang ada di sebelah kanan. Apabila plugin Redirect (System - Redirect) ditampilkan, klik tombol Enable plugin untuk mulai mengaktifkannya (enable).

Menggunakan fitur Redirect di Joomla

2.   Menemukan tautan rusak (broken links) dengan cepat.

Semua tautan yang rusak (broken links) adalah dalam status disabled. Ketika Anda menggunakan fitur Redirect pertama kali, semua link yang ditampilkan adalah tautan rusak dengan status disabled. Kecuali Anda atau administrator lain pernah menggunakan fitur Redirect dan telah memperbaiki tautan rusak sebelumnya sehingga ini menyebabkan tautan rusak dengan status disabled akan bercampur dengan tautan yang telah diperbaiki dengan status enabled. Cara terbaik dan cepat untuk menemukan tautan yang rusak dengan status disabled adalah dengan cara memfilter dengan memilih opsi disabled.

Menggunakan fitur Redirect di Joomla

3. Individual redirect (pengalihan tautan rusak satu per satu).

Pada umumnya, pengalihan tautan yang rusak satu per satu (individual redirect) adalah cara yang paling umum untuk mengatur pengalihan (redirect setup). Untuk mulai membuat pengalihan tautan yang rusak satu per satu sangat mudah. Anda cukup klik tautan (link) yang rusak tersebut atau beri tanda centang pada link yang rusak tersebut dan kemudian tekan tombol Edit.

Menggunakan fitur Redirect di Joomla

Laman Redirect: Edit untuk link yang dipilih sebelunya akan ditampilkan. Ada dua hal yang perlu dilakukan yaitu Anda perlu mengisi kotak Destination URL dan juga memilih dari kotak daftar drop-down berlabel Status.

Menggunakan fitur Redirect di Joomla

Isi kotak Destination URL dengan url yang menuju ke laman aktif sebagai pengganti dari laman yang sudah tidak ditemukan. Dari kotak daftar drop-down berlabel Status, pilih opsi Enabled dan kemudian akhiri dengan mengklik tombol Save & Close. Di sini Anda telah melakukan proses redirect untuk sebuah laman yang tidak ditemukan ke laman lain yang aktif.

Menggunakan fitur Redirect di Joomla

4. Redirect in bulk (pengalihan tautan rusak secara massal).

Apabila Anda mempunyai beberapa url yang rusak dan dan ingin mengarahkan ke url laman aktif yang sama, Anda dapat menggukan peralihan link rusak secara massal (redirect link in bulk). Ini tentunya akan sangat menghemat waktu karena kemungkinan Anda akan dapat melakukan peralihan lebih dari satu tautan yang rusak sekaligus. Untuk melakukan dengan cara ini, beri tanda centang ke url rusak yang dipilih dan kemudian klik tautan Destination URL yang ada di bagian bawah.

Menggunakan fitur Redirect di Joomla

Isi kotak Destination URL dengan url yang menuju ke laman yang masih aktif. Pemberian isian ke kotak Comment adalah opsional artinya dapat diisi atau dibiarkan kosong. Untuk mengakhiri, klik tombol Update links yang ada di bagian bawah.

Menggunakan fitur Redirect di Joomla

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.