Banner CMS Joomla

Beberapa Ekstensi Terbaik Joomla Untuk Membangun E-commerce

Joomla merupakan salah satu CMS (content management system) atau SMK (Sistem Manajemen Konten) yang digunakan untuk membangun website dinamis dengan lebih cepat. Joomla adalah CMS yang open source (sumber terbuka), artinya Anda dapat mengunduh, merubah, mengembangkan dan menggunakannya secara gratis. Joomla mudah dipelajari, meskipun Anda sendiri bukan berasal dari latar belakang IT. Kenyataan ini didukung dengan banyaknya blog/website atau tipe website Joomla lainnya yang muncul dan dibangun oleh mereka yang bukan dari latar belakang IT.

Standar File unduhan Joomla sudah lebih dari cukup untuk membangun sebuah website. Namun CMS Joomla tidak hanya sekedar digunakan untuk membangun website seperti itu. Dengan memanfaatkan ekstensi (template, component, plugin atau module), banyak tipe website lain yang dapat dibangun menggunakan CMS Joomla, misalnya portal, e-commerce, website bisnis, website organisasi dan organisasi non-profit, website perusahaan (online company profile), website sekolah, personal homepage dan website majalah atau surat kabar.

Salah satu tipe website yang saat ini terus tumbuh dan berkembang adalah e-commerce atau bisa dikatakan online shop. Sebagian website e-commerce yang ada dibangun menggunakan CMS, salah satunya dengan Joomla. Kepopuleran website tipe ini menyebabkan banyak munculnya paket ekstensi untuk membagun website e-commerce dengan CMS Joomla. Paket ekstensi e-commerce ini umumnya terdiri dari component, module dan plugin, ada yang sifatnya gratis (free), ada yang berbayar (commercial) dan ada yang sebagian ekstensinya gratis dan sebagian yang lainnnya berbayar. Apabila Anda berkeinginan membangun website e-commerce dengan CMS Joomla, berikut ini adalah beberapa ekstensi terbaik yang dapat dipilih untuk digunakan:

1. VirtueMart.

VirtueMart merupakan salah satu ekstensi Joomla yang sudah ada sejak tahun 2006. Perjalanannya yang panjang membuat platform e-commerce ini semakin matang dan banyak digunakan. Kekuatan utama VirtueMart terletak pada forum dan dukungan dari komunitasnya. Standar VirtueMart sudah menawarkan begitu banyak fungsionalitas dan Anda masih bisa menemukan sejumlah ekstensi VirtueMart lain di JED (Joomla! Extensions Directory). Salah satu keuntungan menggunakan ekstensi ini adalah free (gratis).

Ekstensi terbaik Joomla untuk membangun e-commerce

2. HikaShop.

HikaShop adalah ekstensi e-commerce yang dibangun untuk kemudahan dan fleksibilitas. HikaShop juga memiliki beragam tool penjualan dan statistik pada dashboard untuk membantu mengelola online shop. HikaShop juga menyediakan pengelolaan lanjutan terkait dengan pajak, zona, bahasa dan mata uang serta kemampuan kustomasi (penyesuaian) lanjutan untuk memenuhi keperluan online shop sesuai keinginan. Berita baiknya, ini adalah salah satu ekstensi e-commerce Joomla yang juga gratis (free).

Ekstensi terbaik Joomla untuk membangun e-commerce

3. MijoShop.

Ekstensi ini masuk ke JED pada bulan September 2012. MijoShop memberikan kesan kuat dengan tampilan yang halus, bersih dan profesional. MijoShop memiliki beragam fitur dengan antarmuka yang enak dan gampang dilihat mata dan pastinya user friendly. MijoShop memiliki antarmuka admin intuitif yang memungkinkan Anda untuk memiliki kontrol penuh pada online shop dan laporan penjualan rinci. Ini adalah salah satu ekstensi e-commerce Joomla yang berbayar (commercial). Apabila Anda menggunakan ekstensi ini, akan tetap layak (feasible) dengan harga yang harus dibayar.

Ekstensi terbaik Joomla untuk membangun e-commerce

4. JoomShopping.

JoomShopping merupakan salah satu ekstensi e-commerce Joomla yang responsif, ringan dan user friendly. Ekstensi ini adalah gratis (free), namun akan dikenakan biaya untuk tambahan fungsionalitas lainnya. JoomShopping menyediakan forum yang dapat ditemukan di website resminya yang dapat dimanfaatkan untuk berbagi permasalahan yang muncul dan cara pemecahannya terkait penggunaan ekstensi ini. Pengaturan untuk JoomShopping cepat dan mudah serta cocok digunakan untuk online shop kecil. JoomShopping adalah juga ekstensi e-commerce Joomla yang gratis (free).

Ekstensi terbaik Joomla untuk membangun e-commerce

5. RedShop.

RedShop merupakan salah satu ekstensi e-commerce menarik yang memiliki beragam fitur dengan skema harga yang sedikit berbeda. Ekstensi ini adalah gratis (free) untuk paket dasarnya, namun apabila Anda memerlukan tambahan fitur berupa module atau plugin, akan dikenakan biaya. RedShop tidak menawarkan dukungan (support) untuk pengguna yang memakai paket dasar, namun terdapat forum yang dapat membantu apabila terdapat masalah atau kebingungan dalam penggunaannya.

Ekstensi terbaik Joomla untuk membangun e-commerce

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.