Banner CMS Joomla

Mengenal Tipe-Tipe Ekstensi Joomla Dan Petunjuk Memilihnya

Mengenal tipe-tipe ekstensi Joomla

Untuk Anda yang menggeluti dunia web atau yang memiliki ketertarikan dengan dunia web, tentu tidak akan asing dengan Joomla. Joomla adalah content management system (CMS) atau sistem manajemen konten (SMK) yaitu perangkat lunak aplikasi web (web application software) untuk membuat website dinamis dengan lebih cepat dan mudah. Joomla adalah CMS yang free dan open source (sumber terbuka), artinya siapapun dapat mengunduh secara gratis, menggunakan, merubah atau mengembangkan kode sumber (source code) Joomla.

CMS Joomla mudah dipelajari dan digunakan untuk membangun website sekalipun Anda bukan berasal dari latar belakan ilmu komputer. Kenyataan ini didukung dengan banyaknya tipe-tipe website yang dibangun menggunakan CMS Joomla oleh mereka yang bukan berasal dari latar ilmu tersebut (baca artikel Beberapa Ekstensi Terbaik Joomla Untuk Membangun E-commerce). Karena kemudahan untuk dipelajari dan digunakan inilah yang membuat CMS Joomla mengalami perkembangan yang begitu cepat. Salah satu kelebihan CMS Joomla dibandingkan CMS lainnya adalah dukungan yang begitu luas dari para developer dan adanya forum untuk berdiskusi mengenai apapun yang terkait dengan Joomla.

Kekuatan utama Joomla sebenarnya terletak pada framework aplikasi yang memungkinkan para developer di seluruh dunia membuat berbagai macam ekstensi (Joomla extensions) yang powerful untuk menambah kapabilitas dan fungsionalitas website yang dibangun dengan CMS Joomla. Anda dapat menemukan banyak sekali ekstensi Joomla baik yang gratis (free) maupun yang berbayar (commercial) yang dibuat oleh pihak ketiga (third-party) di Joomla Extensions Directory (JED) yaitu direktori resmi ekstensi Joomla yang ada di situs resminya. Selain di JED, Anda juga dapat menemukan atau mendapatkan berbagai ekstensi Joomla dari banyak situs penyedia lainnya.

Ekstensi-ekstensi Joomla diperlukan untuk menambah kapabilitas dan fungsionalitas website Joomla yang tidak ada di kode inti dasar (base core code). Joomla sendiri memiliki lima tipe ekstensi yaitu component (komponen), module (modul), template, plugin dan language (bahasa). Ketika Anda mengunduh paket instalasi Joomla dan menginstalnya di server (local server atau hosting server), sejumlah paket ekstensi dari berbagai tipe juga telah disertakan. Paket ekstensi tersebut adalah ekstensi dasar yang diperlukan untuk membangun sebuah website Joomla. Berikut ini adalah penjelasan dari tipe-tipe ekstensi Joomla:

  • Component. Ini adalah salah satu tipe ekstensi yang paling kompleks dan paling besar dalam hal ukuran file. Component umumnya memiliki antarmuka sisi frontend untuk user dan backend untuk administrator. Component lebih menyerupai aplikasi mini yang menampilkan konten utama dari sebuah website. Beberapa contoh component yang sudah disertakan di paket instalasi Joomla adalah Content, Banners (com_banners), Contacts, News Feeds, Web Links, Mass Mail dan Search. Beberapa contoh component yang dapat diperoleh dari pihak ketiga adalah Photo Gallery, Discussion Forum dan Guest Book.
  • Module. Ini adalah tipe ekstensi yang lebih kecil dan lebih sederhana. Module menyediakan tipe informasi spesifik yang dapat ditampilkan dan disusun di sekitar component. Beberapa module ada yang terhubung ke component seperti Latest News (menampilkan item konten terbaru) dan Popular (menampilkan artikel paling populer). Sebagian besar module dapat menampilkan informasi langsung tanpa perlu terhubung ke component. Untuk menempatkan module di posisi yang diinginkan, Anda perlu mengetahui posisi-posisi module dari template yang digunakan (baca artikel Cara Melihat Posisi Modul (Module) Di Template Joomla 3.1). Beberapa contoh module bawaan paket instalasi Joomla adalah Banners (mod_banners), Menus, Who's Online, Breadcrumbs dan Login Form. Module dari pihak ketiga banyak sekali, misalnya module untuk menampilkan kalender, memasang skrip iklan, menampilkan cuaca dan lain sebagainya.
  • Template. Ekstensi ini bertanggungjawab terkait dengan tampilan website yang dibangun. Template menentukan dan menangani keseluruhan desain halaman website Anda. Joomla menyediakan beberapa template bawaan di paket instalasi Joomla. Anda juga dapat menemukan atau memperoleh banyak pilihan template dengan sangat mudah, baik yang gratis ataupun berbayar, di banyak situs-situs penyedia.
  • Plugin. Di awal versi Joomla, lebih dikenal dengan Mambots yaitu ekstensi yang memberikan fungsionalitas tambahan pada website Joomla. Umumnya, plugin berfungsi untuk menangani tugas-tugas kecil namun penting dan memiliki keterkaitan dengan ekstensi Joomla lainnya. Beberapa contoh plugin adalah Content - Load Modules untuk meletakkan module di artikel dan Editor - TinyMCE (editor standar Joomla).
  • Language. Ini adalah ekstensi inti yang digunakan untuk menterjemahkan keseluruhan area administrasi (backend area) atau tampilan depan (frontend area) website Joomla. Anda dapat menemukan dan mengelola language (bahasa) yang telah terpasang melalui menu Extensions -> Language(s) di area administratsi Joomla. Joomla mendukung banyak bahasa. Anda dapat mengunduh language pack berbeda dan dapat merubah language (bahasa) standar yang digunakan.

Anda diberi kebebasan untuk memasang ekstensi lainnya yang diperlukan selain ekstensi bawaan Joomla. Gunakanlah ekstensi secara bijak dan sesuai keperluan, jangan menggunakan secara berlebinan karena ini menyangkut performa website nantinya. Yang perlu diingat adalah bahwa memilih ekstensi yang bagus dan tepat sesuai kebutuhan adalah hal yang penting dan perlu. Pemilihan ekstensi yang buruk atau keliru dapat berakibat pada efisiensi yang menurun, munculnya celah keamanan dan mungkin website Joomla Anda menjadi rusak. Berikut ini adalah beberapa petunjuk dalam memilih ekstensi, terutama ekstensi yang sifatnya gratis:

  • Pilihlan ekstensi yang kompatibel dengan versi Joomla yang Anda gunakan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Ekstensi Joomla yang akan diunduh biasanya memberikan petunjuk kekompatibilitasannya dengan versi-versi Joomla tertentu.
  • Pastikan Anda benar-benar mengetahui fungsi atau kegunaan dari ekstensi yang akan diunduh sebelum menambahkannya ke website Joomla Anda. Ini untuk memastikan bahwa ekstensi yang Anda unduh adalah ekstensi yang Anda perlukan.
  • Pastikan Anda melihat tanggal pembaruan (update) dari ekstensi yang akan diunduh. Ekstensi yang baik dan aman adalah ekstensi yang mendapat update secara teratur. Hindari penggunaan ekstensi Joomla yang sudah tidak up-to-date.
  • Pastikan Anda membaca beberapa komentar dari pengguna ekstensi tersebut di website pengembang ekstensi. Apabila ekstensi ini mendapat apresiasi yang baik dan pengembang ekstensi memberikan dukungan pada ekstensinya, dapat dikatakan ekstensi ini baik, aman dan layak dipakai.

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.