Banner CMS Joomla

Merubah Jumlah Artikel Populer Yang Ditampilkan Di Area Administrator Joomla

Sebagaimana content management system (CMS) lainnya, Joomla juga terdiri dari dua sisi antarmuka (interface) yaitu area administrator, juga disebut back-end, panel admin atau panel kendali, dan area penyajian, juga disebut front-end. Area administrator (back-end) adalah tempat mengelola website Joomla seperti menambah, menghapus atau memperbarui ekstensi- ekstensi Joomla (template, component, module, plugin dan language) dan membuat konten (artikel) untuk website Joomla. Area penyajian (front-end) adalah tempat dimana pengunjung dapat melihat tampilan konten website Joomla.

Sebagai seorang administrator, Anda akan sering berada di area administrator untuk mengelola website Joomla. Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan antarmukanya dimana terdapat menu standar di bagian atas dan deretan menu pintas di samping kiri (penulis menggunakan Joomla 3.6.2). Yang tidak kalah menonjol dan telah menjadi bawaan Joomla adalah daftar 5 artikel populer dari website Joomla Anda. Ini memberikan gambaran atau tinjauan sekilas kepada Anda tentang 5 artikel yang paling populer saat ini.

Menampilkan lebih banyak artikel populer Joomla 

Standar jumlah artikel populer yang ditampilkan di area administrator Joomla adalah 5. Namun demikian, apabila diinginkan, Anda dapat menampilkan jumlah artikel populer sesuai dengan keinginan. Pengaturan jumlah artikel populer ini sebenarnya terletak pada modul (module) Popular Articles. Sebagaimana modul-modul Joomla lainnya, Anda juga dapat merubah pengaturan dari modul Popular Articles ini. Berikut ini adalah cara merubah jumlah artikel populer yang ditampilkan di area administrator Joomla:

Di area administrator Joomla, klik menu Extensions dan kemudian pilih Modules.

Menampilkan lebih banyak artikel populer Joomla

Di laman Modules (Site) yang muncul, dari kotak daftar drop-down, rubah pengaturan dari Site ke Administrator.

Menampilkan lebih banyak artikel populer Joomla

Di laman Modules (Administrator) yang muncul, cari modul (module) Popular Articles dan kemudian klik untuk merubah pengaturan modul tersebut.

Menampilkan lebih banyak artikel populer Joomla

Di laman Modules: Popular Articles, rubah nilai di kotak teks berlabel Count sesuai dengan jumlah artikel popular yang ingin ditampilkan di area administrator Joomla, misalnya 10 dan selanjutnya simpan perubahan dengan mengklik tombol Save & Close.

Menampilkan lebih banyak artikel populer Joomla

Sekarang jumlah artikel populer yang ditampilkan di area Administrator Joomla telah berubah sesuai dengan pengaturan yang telah Anda lakukan (menampilkan 10 artikel populer).

Menampilkan lebih banyak artikel populer Joomla

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.