Banner CMS Joomla

Cara Mencadangkan (Backup) Website Joomla Menggunakan Softaculous

Melakukan backup website Joomla secara rutin sangat dianjurkan. Joomla adalah salah satu CMS (Content Management System) sumber terbuka (open source) artinya kode sumber Joomla dapat diunduh gratis, dilihat, dipelajari dan dikembangkan. CMS sumber terbuka sangat rentan terhadap serangan hacker. Itulah sebabnya, Joomla secara rutin mendapatkan update dan seringkali update Joomla adalah terkait dengan keamanan. Website resmi Joomla (www.joomla.org) sendiri menyarankan untuk selalu melakukan backup (pencadangan) sebelum melakukan update (pembaruan). Backup dapat digunakan untuk memulihkan kembali website apabila ada kegagalan dalam proses update.

Melakukan backup website Joomla dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan menggunakan Softaculous. Softaculous adalah program auto installer untuk menginstal aplikasi yang bersifat gratis atau yang open source dalam hitungan menit dengan sekali klik. Aplikasi-aplikasi ini umumnya sudah tersedia di Softaculous dan pengguna tinggal menentukan aplikasi mana yang akan diinstal melalui Softaculous. Salah satu aplikasi sumber terbuka yang tersedia di Softaculous adalah CMS Joomla. Apabila Anda pernah menggunakan Softaculous untuk menginstal Joomla, Anda juga dapat menggunakan Softaculous untuk melakukan backup (pencadangan) website Joomla Anda. Berikut ini adalah cara mencadangkan (backup) website Joomla menggunakan Softaculous:

Masuk (login) terlebih dahulu ke akun cPanel Anda dan di kelompok Softaculous Apps Installer klik aplikasi (skrip) Joomla. Anda perlu memperhatikan dengan teliti bahwa aplikasi (skrip) Joomla ada dua yaitu Joomla 2.5 dan Joomla (versi di atas Joomla 2.5). Anda pilih aplikasi Joomla.

Cara backup website Joomla menggunakan Softaculous

Anda akan dibawa ke halaman yang berisi informasi umum terkait aplikasi (skrip) Joomla dan juga daftar instalasi aplikasi Joomla yang sudah ada di hosting Anda (di contoh ini hanya ada satu aplikasi Joomla yang sudah terinstal). Pilih salah satu aplikasi Joomla yang akan dicadangkan (backup) dan kemudian klik tombol Backup (tombol dengan ikon file warna kuning).

Cara backup website Joomla menggunakan Softaculous

Di sini Anda perlu menentukan bagian Joomla mana yang akan dicadangkan (backup), apakah file Joomla saja (1) atau database Joomla saja (2) atau full backup (1 dan 2). Anda dapat memilihnya dengan memberi tanda centang. Apabila Anda sudah yakin bagian Joomla mana saja yang akan dicadangkan (backup), klik tombol Backup Instalation untuk memulai (3).

Cara backup website Joomla menggunakan Softaculous

Proses pencadangan (backup) langsung dimulai. Tunggu sampai prosesnya selesai.

Cara backup website Joomla menggunakan Softaculous

Setelah beberapa saat, proses pencadangan (backup) selesai. Anda akan dibawa ke halaman konfirmasi bahwa pencadangan (backup) telah dibuat dengan sukses. Klik tautan Backup untuk melihat daftar semua pencadangan (backup) yang telah Anda buat menggunakan Softaculous.

Cara backup website Joomla menggunakan Softaculous

Di contoh ini hanya ada satu pencadangan (backup). Apabila Anda telah melakukan pencadangan (backup) beberapa kali, daftar pencadangan (backup) ditampilkan di sini. Tentukan pencadangan (backup) yang akan diunduh (download) untuk disimpan di komputer lokal dan kemudian klik ikon anak panah warna biru untuk mulai mengunduh.

Cara backup website Joomla menggunakan Softaculous

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.