Pin It

Softaculous adalah program auto installer untuk menginstal aplikasi sumber terbuka (open source) lebih cepat dengan sekali klik. Aplikasi sumber terbuka ini umumnya sudah tersedia di Softaculous dan Anda tinggal menentukan aplikasi mana yang akan diinstal melalui Softaculous. Salah satu aplikasi sumber terbuka yang tersedia di Softaculous adalah CMS Joomla. Apabila Anda pernah menggunakan Softaculous untuk menginstal Joomla, Anda juga dapat melakukan update atau upgrade versi Joomla melalui Softaculous.

Ketika Softaculous mendeteksi adanya versi Joomla terbaru, Anda akan diberitahu melalui email. Softaculous juga memberitahu kepada Anda bahwa terdapat update pada aplikasi ketika Anda masuk ke cPanel. Proses update Joomla menggunakan Softaculous akan jauh lebih cepat dibandingkan update melalui area administrator (Joomla backend). Hal ini berlaku sama ketika Anda menginstal Joomla menggunakan Softaculous akan lebih cepat dibandingkan menginstal secara manual. Dalam hal penginstalan maupun pembuatan backup dan proses update Joomla atau aplikasi lainnya, Softaculous bisa lebih diandalkan.

Jika Anda tidak menginstal Joomla menggunakan Softaculous, Softaculous juga tidak bisa memberitahu adanya update ke versi terbaru. Anda tidak dapat melakukan update atau upgrade dan juga membuat backup Joomla menggunakan Softaculous. Namun bila Anda ingin memanfaatkan kemudahan dari Softaculous untuk melakukan update atau membuat backup, Anda dapat menambahkan Joomla ke Softculous secara manual. Salah satu blog Joomla Penulis, topikit.com, menggunakan Softaculous saat instalasinya sehingga proses update juga melalui Softaculous. Berikut ini adalah cara update Joomla ke versi terkini (terbaru) yaitu Joomla 3.7 melalui Softaculous:

Baca artikel Cara Mencadangkan (Backup) Website Joomla Menggunakan Softaculous.

Jalankan browser dan kemudian login ke cPanel. Di laman cPanel yang muncul, di bagian Softaculous Apps Installer, Anda dapat melihat pemberitahuan tentang adanya Update. Anda sekarang dapat melakukan update menggunakan Softaculous, klik tautan (link) There are 1 Update(s) available untuk melanjutkan.

Update Joomla ke versi terkini (terbaru) melalu Softaculous

Anda langsung dibawa ke laman Softaculous. Klik tombol Upgrade to Version 3.7.0 untuk melakukan update versi Joomla Anda menggunakan Softaculous.

Update Joomla ke versi terkini (terbaru) melalu Softaculous

Klik tombol Upgrade untuk memulai proses update atau upgrade Joomla Anda ke versi terbaru.

Update Joomla ke versi terkini (terbaru) melalu Softaculous

Proses update Joomla ke versi terbaru menggunakan Softaculous berjalan cukup singkat, lebih cepat dari melakukan update melalui area Administrator (Joomla backend). Proses update telah selesai dilaksanakan namun Softaculous meminta Anda masuk ke area Administrator (Joomla backend) untuk mengklik tombol Fix guna memperbarui struktur tabel database Joomla Anda. Sekarang, kendali selanjutnya diserahkan kepada Anda.

Baca artikel Cara Update Joomla Ke Versi Terkini Melalui Area Administrator (Joomla Backend).

Update Joomla ke versi terkini (terbaru) melalu Softaculous

Login ke area administrator atau panel admin (Joomla backend) Anda, klik menu Extension (1), kemudian submenu manage (2) dan selanjutnya pilih Database (3).

Update Joomla ke versi terkini (terbaru) melalu Softaculous

Yah, Softaculous mengatakan yang sebenarnya. Nampak bahwa struktur tabel database Joomla Anda tidak up-to-date setelah selesai melakukan update ke versi Joomla terbaru. Terdapat 13 masalah ditemukan pada database Joomla Anda(1). Jangan panik! Klik tombol Fix untuk memperbaiki permasalahan yang muncul pada database Joomla (2).

Update Joomla ke versi terkini (terbaru) melalu Softaculous

Proses pembetulan diakukan oleh Joomla sendiri dan ini tidak memerlukan waktu lama. Sekarang struktur tabel database Joomla Anda sudah up-to-date.

Update Joomla ke versi terkini (terbaru) melalu Softaculous