Joomla adalah Content Management System (CMS) yang sepenuhnya sumber terbuka. Proyek CMS Joomla ini 100% dijalankan oleh sukarelawan yang berdedikasi dan penuh semangat. Ketika menginstal CMS Joomla, file dan ekstensi inti bawaan sebenarnya sudah cukup untuk membangun sebuah website profesional. Namun Joomla juga menyediakan banyak ekstensi yang dikembangkan oleh pihak ketiga untuk memberi kekuatan lebih pada website Joomla.

Salah satu yang perlu diperhatikan ketika menggunakan ekstensi pihak ketiga adalah versi Joomla. Anda harus memastikan bahwa ekstensi yang akan digunakan kompatibel dengan versi CMS Joomla saat ini. Mengetahui versi Joomla juga diperlukan ketika ingin melakukan upgrade ke versi Joomla terbaru. Proses upgrade versi Joomla yang sudah tertinggal jauh jelas berbeda dengan update atau upgrade versi Joomla pada umumnya.

Melalui panel admin (back-end) Joomla, ada beberapa cara untuk mengetahui versi Joomla yang sedang dijalankan. Namun bagaimana seandainya website Joomla bermasalah dan tidak memiliki akses ke panel admin? Misalnya, klien gagal meng-upgrade sendiri website Joomla yang akhirnya timbul bermasalah. Ketika Anda diminta bantuan, Anda perlu mengetahui versi Joomla yang dijalankan sebelum mengambil langkah berikutnya.

Bila website Joomla bermasalah, kemungkinan tidak akan dapat mengakses area front-end maupun back-end. Bila demikian, Anda tidak dapat mengetahui versi Joomla melalui panel admin (back-end) Joomla. Salah satu cara untuk mengetahui versi Joomla bila terjadi hal yang demikian adalah melalui cPanel. Joomla menyimpan informasi versinya di file version.php di direktori (folder) libraries/cms/version yang ada di root directory dari file Joomla Anda.

Masuk ke akun cPanel, klik tombol File Manager yang ada di kelompok Files dan kemudian navigasi ke direktori (folder) tempat file version.php berada. klik file version.php (1) dan kemudian klik tombol Edit (2).

Mengetahui versi CMS Joomla melalui file di cPanel

Di kotak dialog Edit yang muncul, klik tombol Edit untuk melanjutkan.

Mengetahui versi CMS Joomla melalui file di cPanel

File version.php akan terbuka di editor. Cari baris nomor 33 dan Anda akan menemukan versi Joomla yang sedang digunakan. Di contoh ini adalah versi 3.7 (1). Baris nomor 41 menunjukkan versi pemeliharaan (maintenance) untuk Joomla saat ini. Di contoh ini versi pemeliharaannya adalah 4 (2). Jadi secara lengkap, versi Joomla yang digunakan adalah Joomla 3.7.4.

Mengetahui versi CMS Joomla melalui file di cPanel

Untuk lebih jelasnya, versi CMS Joomla terdiri dari tiga angka. Angka-angka tersebut menunjukkan versi Joomla keseluruhan yang dapat dibagi menjadi versi mayor (major version), versi minor (minor version) dan juga versi pemeliharaan (maintenance) atau lebih sering ditulis dengan pola X.Y.Z. X untuk versi mayor, Y untuk versi minor dan Z untuk versi pemeliharaan.

Baca artikel Memperbarui (Update) Versi Joomla.