Google Analytics adalah layanan analisis web gratis yang ditawarkan oleh Google untuk memonitor data seperti lokasi geografis pengunjung, jumlah pengunjung website, laman (URL) website yang dikunjungi dan juga lamanya waktu yang dihabiskan saat berada di website. Melalui Google Analytics pula, lalulintas yang berasal dari sosial media, referral (kunjungan yang berasal dari luar mesin telusur Google) dan kata kunci (keyword) yang digunakan dapat diketahui.

Data yang dihasilkan oleh Google Analytics dapat digunakan untuk perbaikan dan pengoptimalan website agar lebih baik lagi ke depan. Karena begitu pentingnya data yang dihasilkan, banyak pemilik website yang menambahkan kode Google Analytics agar kinerja website bisa diketahui setiap waktu. Untuk bisa berfungsi dan mendapatkan manfaat menyeluruh, kode Google Analytics ini harus ditambahkan di setiap halaman website.

Jika website Anda dibangun menggunakan CMS Joomla, Anda dapat menggunakan ekstensi dari pihak ketiga berupa plugin seperti "Asynchronous Google Analytics" untuk menambahkan kode Google Analytics ke setiap halaman website Joomla. Alternatif lainnya, Anda dapat mengedit file index.php untuk meletakkan kode Google Analytics. Sebagaimana instruksi di laman Google Analytics, kode Google Analytics perlu diletakkan di bagian <head>, tepat sebelum tag <body> dari setiap halaman website Joomla.

Artikel kali ini menunjukkan kepada Anda bagaimana menambahkan kode Google Analytics di bagian <head> dari template Protostar Joomla. Template Protostar adalah salah satu template front-end bawaan Joomla selain template Beez3. Ketika menginstal Joomla, secara standar, template Protostar diaktifkan. Joomla menggunakan file index.php dari template yang digunakan untuk membuat setiap halaman dari website Joomla. Anda dapat mengedit file ini dengan mudah untuk menambahkan kode Google Analytics melalui editor di cPanel.

Diasumsikan Anda telah memiliki akun Google Analytics dan Anda juga mengetahui bagaimana mendapatkan kode Google Analytics. Salin terlebih dahulu kode Google Analytics dari website Anda.

Menambahkan kode Google Analytics ke website Joomla

Anda dapat menemukan file index.php template Protostar di direktori (folder) templates/protostar dari root directory file website Anda (public_html). Sorot file index.php tersebut (1) dan kemudian klik tombol Edit (2).

Menambahkan kode Google Analytics ke website Joomla

Tempelkan (paste) kode Google Analytics ke dalam (tepat setelah) tag <head> dan kemudian klik tombol Save Changes yang ada di sudut kanan atas. Setelah semua langkah dilakukan dengan benar, Anda sudah mulai dapat memonitor kinerja website Anda.

Menambahkan kode Google Analytics ke website Joomla