Mengatasi duplikasi deskripsi meta dan tag judul di Joomla

Duplikasi deskripsi meta dan tag judul dipastikan pernah dialami oleh semua situs. Untuk mereka yang peduli dengan seo, pastinya akan mencari solusi bagaimana menghindari dan memperbaiki yang sudah terjadi, tidak ingin membiarkan terus berlanjut dan semakin banyak. Duplikasi deskripsi meta dan tag judul menandakan bahwa situs Anda sedang mengalami masalah SEO terkait deskripsi meta dan tag judul pada artikel.

Google menemukan adanya duplikasi deskripsi meta dan tag judul saat merayapi dan mengindeks situs Anda. Karena proses perayapan dan pengindeksan bisa terjadi kapan saja, hendaknya Anda selalu memeriksa laporan Google Webmaster terutama di bagian Penyempurnaan HTML (HTML Improvements). Google tidak memberikan pinalti berat terkait hal ini, namun bila dibiarkan tanpa penanganan dan pencegahan, dapat menurunkan peringkat situs Anda.

Duplikasi deskripsi meta dan tag judul dapat terjadi dari banyak faktor, salah satunya mengganti begitu saja judul artikel yang sudah terindeks Google. Judul artikel lama yang sudah terindeks dan judul artikel baru akan mengarah pada halaman situs yang sama sehingga terjadi duplikasi. Bila kedua judul artikel ini masih menggunakan deskripsi meta yang sama, maka akan terjadi duplikasi deskripsi meta. Merubah judul artikel yang sudah terindeks tidak dapat dilakukan begitu saja, ada tekniknya sehingga tidak menimbulkan duplikasi.

Mengapa duplikasi dapat menurunkan peringkat situs? Menurut yang penulis alami, Google kemungkinan tidak akan menampilkan artikel yang mengalami duplikasi di hasil penelusuran atau mungkin menampilkannya namun di urutan paling belakang dan lebih memprioritaskan artikel lain yang tidak mengalami masalah. Dengan demikian, situs Anda berpotensi kehilangan pengunjung, ini dapat menyebabkan trafik ke situs menurun dan pada akhirnya peringkat situs akan ikut menurun.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Bila Anda mempunyai situs yang dibangun menggunakan platform Blogger atau Wordpress, Anda dapat mencari dan menemukan dengan mudah artikel terkait hal ini di internet. Banyak artikel mengulas cara mengatasi duplikasi yang terjadi namun lebih spesifik ke kedua platform tersebut. Artikel ini mencoba memberikan cara mengatasi duplikasi untuk situs yang dibangun dengan platform CMS Joomla dan terutama untuk Anda yang menginginkan segalanya "free".

Salah satu cara yang dianjurkan untuk mengatasi duplikasi deskripsi meta dan tag judul adalah dengan menambahkan url canonical. Sederhanya, url canonical ini yang nantinya menunjukkan kepada mesin Google halaman mana yang harus diindeks. Banyak pengembang ekstensi Joomla menawarkan ekstensi premiun untuk mengatasi masalah duplikasi. Anda seharusnya dapat menggunakan salah satu ekstensi premium tersebut untuk mengatasi masalah duplikasi yang terjadi pada situs Joomla Anda.

Tidak semua duplikasi harus diselesaikan dengan menambahkan url canonical. Hal ini pernah penulis alami. Pada awalnya, URL artikel di situs tidak memiliki ekstensi .html. Kemudian penulis merubah pengaturan di Joomla untuk menyertakan ekstensi .html. Hal ini akhirnya menimbulkan duplikasi tag judul dan deskripsi meta yang jumlahnya cukup banyak. Duplikasi yang terjadi akibat ekstensi .html ini dapat diatasi dengan melakukan redirect (pengalihan). Hal ini dimungkinkan karena duplikasi terkait pemakaian ekstensi .html memiliki pola sama.

Untuk mengatasi duplikasi yang terjadi di website Joomla dengan cara menambahkan URL canonical, Anda dapat menggunakan ekstensi berupa plugin bernama StyleWare Content Canonical Plugin. Plugin ini gratis. Untuk mengunduhnya, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu di website penyedia yaitu Style Ware. Setelah Anda login kembali menggunakan akun yang telah dibuat, Anda dapat mengunjungi langsung halaman StyleWare Content Canonical Plugin untuk mengunduh (download) plugin tersebut. Anda cukup mengikuti proses pengunduhan yang sedikit berbeda.

Joomla 3 sebenarnya telah memperkenalkan URL canonical di fitur intinya, namun tidak berfungsi dan cenderung keliru. Ide URL canonical sebenarnya adalah jika situs Anda mempunyai beberapa URL berbeda yang mengarah ke halaman web (konten) yang sama, semua halaman web (konten) duplikat seharusnya mempunyai hanya satu URL canonical. Implementasi fitur inti URL canonical Joomla berbeda, URL canonical adalah selalu URL yang saat ini diakses.

Penggunaan StyleWare Content Canonical Plugin terbukti bekerja untuk blog Joomla penulis. Namun demikian, penulis tidak ingin mengatakan "TRUST ME, IT WORKS!" untuk plugin ini. Bila Anda masih bingung atau kesulitan mencari cara untuk menangani duplikasi deskripsi meta dan tag judul yang terjadi pada situs Joomla dan belum menemukan penyelesaian sampai saat ini, Anda dapat mencoba cara ini. Bila pada akhirnya Anda menyakini plugin ini tidak bekerja, Anda dapat melepasnya (uninstall) kapan saja.

Yang perlu diingat adalah bahwa penyelesaian duplikasi memakan waktu yang tidak sebentar. Anda dapat membantu dengan membuat artikel (konten) secara rutin sehingga mesin Google akan sering mendatangi situs Joomla Anda untuk merayapi dan mengindeks. Anda perlu bersabar selama beberapa bulan ke depan untuk mulai melihat hasilnya. Meskipun plugin ini bekerja setelah selesai diinstal, namun laporan duplikasi di Google Webmaster masih akan muncul. Seiring waktu, jumlah duplikasi akan berkurang secara bertahap.

Plugin ini akan bekerja dengan baik apabila situs Joomla Anda memiliki struktur menu yang baik, minimal mempunyai satu item menu. Plugin akan menambahkan URL canonical ini di konten yang harus diindex dengan bantuan menu tersebut. Bila ada URL-URL berbeda yang mengarah ke konten yang sama, maka URL canonical untuk konten yang diindeks yang akan tetap digunakan. Sehingga dapat dipastikan bahwa URL-URL yang berbeda akan menggunakan satu URL canonical yang sama. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Diasumsikan Anda telah berhasil mengunduh (download) StyleWare Content Canonical Plugin. Anda dapat langsung menginstal plugin tersebut. Cara instalasi plugin ini cukup mudah, sama saja seperti Anda menginstal ekstensi Joomla lainnya.
  • Masuk ke laman Plugins Joomla dengan mengklik menu Extensions dan kemudian pilih submenu Plugins.

    Mengatasi duplikasi deskripsi meta dan tag judul di Joomla

  • Selanjutnya cari plugin bernama System - Canonical. Untuk mempercepat proses pencarian, ketikkan "canonical" di kotak teks yang ada di sudut kiri atas (1), klik tombol Search (2) dan plugin langsung ditampilkan (3). Anda dapat melihat sementara ini plugin dalam kondisi dinonaktifkan (disabled). Klik tombol yang ada lingkaran merah untuk mengaktifkan (enabled) plugin ini (4).

    Mengatasi duplikasi deskripsi meta dan tag judul di Joomla

  • Sekarang plugin telah diaktifkan dan Anda perlu bersabar untuk melihat hasilnya.

    Mengatasi duplikasi deskripsi meta dan tag judul di Joomla

  • Bila Anda melihat page source dari salah satu konten (artikel) di website Joomla, Anda dapat menemukan URL canonical di sana.

    Mengatasi duplikasi deskripsi meta dan tag judul di Joomla