Sebagai pengguna CMS Joomla, Anda tentu sudah tahu bahwa bila telah tersedia versi berikutnya, Anda akan diberitahu melalui email yang Anda daftarkan ketika menginstal CMS Joomla. Demikian pula ketika Anda masuk ke area administrator Joomla (Joomla backend atau admin panel), Anda dapat melihat pemberitahuan telah tersedianya Joomla versi berikutnya. Ini adalah beberapa cara yang Joomla lakukan untuk memberi tahu Anda telah tersedianya versi berikutnya.

Dengan adanya pemberitahuan tersebut, Joomla secara otomatis telah menyediakan url ke paket update dan Anda tinggal mengklik tombol Instal the Update untuk mulai menginstal versi baru. Anda mungkin juga tahu bahwa sebelum versi stabil dirilis, Joomla akan mengeluarkan versi beta. Adanya versi beta ini tidak diberitahukan kepada Anda baik melalui email maupun pemberitahuan di area administrator Joomla. Versi beta juga tidak menyediakan url ke paket update. Anda dapat mengetahui adanya versi beta dengan mengunjungi situs resmi Joomla di joomla.org.

Versi beta tidak dianjurkan untuk digunakan dalam membangun situs Joomla (blog, website, ecommerce). Anda harus menggunakan versi stabil sebelumnya atau menunggu versi stabil berikutnya. Versi beta digunakan oleh pengembang ekstensi Joomla untuk menguji dan mempersiapkan ekstensinya agar kompatibel dengan versi Joomla yang akan datang. Bila Anda berpartisipasi dalam pengembangan Joomla sebagai tester, ada dapat menggunakan versi beta untuk menguji apakah masih ditemukkan adanya bug atau error.

Ditekankan sekali lagi di artikel ini bahwa jangan menggunakan versi beta untuk membangun situs Joomla dan juga jangan melakukan update atau upgrade situs Joomla Anda ke versi beta. Bila Anda melakukan update atau upgrade ke versi beta, selanjutnya Anda tidak dapat melakukan update atau upgrade ke versi berikutnya sebagaimana dinyatakan di situs resminya "There no upgrade path from Beta". Versi beta dimaksudkan hanya untuk pengujian saja. Artikel ini dibuat sebagai pengetahuan bagi pengguna CMS Joomla.

Masuk terlebih dahulu ke area administrator atau backend Joomla, klik menu Components (1) dan selanjutnya pilih Joomla! Update (2).

Menguji versi beta CMS Joomla

Di laman Joomla Update, di sudut kanan atas, klik tombol Options.

Menguji versi beta CMS Joomla

Di laman Joomla Update: Options, rubah nilai Update Channel di kotak tarik turun (dropdown box) dari Default ke Testing (1) dan kemudian klik tombol Save & Close untuk menyimpan perubahan.

Menguji versi beta CMS Joomla

Di laman Joomla Update, Anda dapat melihat telah ada versi Joomla 3.8.0-Beta3 (1). Untuk menguji versi Joomla 3.8.0-Beta3, klik tombol Instal the Update (2).

Menguji versi beta CMS Joomla