Pin It

Ketika Anda sedang menulis artikel untuk sebuah website (situs), adalah hal yang umum ketika ingin menambahkan internal link (tautan internal) ke artikel lain masih dalam website yang sama. Sebuah tautan internal akan menghubungkan sebuah artikel ke artikel lain yang masih berada dalam satu website. Untuk menambahkan artikel sebuah tautan internal ke artikel yang lain masih dalam satu website tidaklah sulit. Anda dapat melakukannya dengan mudah di CMS Joomla. Penambahan tautan internal dapat dilakukan saat sedang membuat artikel dari awal atau saat sedang mengedit artikel. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menambahkan internal link di artikel Joomla:

Masuk terlebih dahulu ke beckend Joomla, buka area Articles melalui menu Content > Articles dan kemudian klik sebuah artikel yang akan diberi tautan internal. Secara standar, Joomla menggunakan editor TinyMCE untuk membuat atau mengedit artikel, kecuali Anda telah menginstal dan menggunakan editor lain atau telah merubah pengaturannya. Tempatkan kursor ke posisi dimana tautan internal akan ditambahkan (di contoh ini adalah baris pertama sebelum tanda kurung tutup).

Menambahkan internal link di artikel Joomla

Di bagian paling bawah di sudut kiri dari editor TinyMCE, klik tombol artikel untuk mulai menambahkan atau menyisipkan tautan internal.

Di jendela yang muncul, pilih dan klik sebuah judul artikel yang akan disisipkan sebagai tautan internal. Ketika selesai mengklik sebuah judul artikel, jendela ini secara otomatis akan menghilang.

Tekan tombol Save & Close untuk menyimpan tautan internal yang telah ditambahkan. Tautan internal akan berwarna biru yang mengindikasikan bahwa pembuatan tautan internal telah berhasil.

Segarkan kembali (refresh) laman website yang masih terbuka. pointer mouse yang diarahkan ke tautan internal akan berubah menjadi gambar tangan saat melayang di atasnya.

Baca artikel terkait lainnya: