Banner CMS Joomla

Menampilkan Update Ke Joomla Versi 3

Joomla adalah salah satu content management system (CMS) atau sistem manajemen konten (SMK) sumber terbuka (open source) dan banyak digunakan untuk membuat website dinamis. Dari kemunculan pertamanya pada bulan September 2005 sampai saat ini, versi berbeda Joomla telah dikeluarkan beberapa kali. Versi Joomla yang pernah dikeluarkan adalah 1.0, 1.5, 1.6, 1.7, 2.5 dan yang terbaru 3.0 (dirilis pada bulan 27 September 2012). Dari setiap versi Joomla yang dikeluarkan, Joomla Project Team (JPT) memberikan dukungan (support) dalam kurun waktu berbeda. Kurun waktu berbeda dalam hal dukungan terhadap versi Joomla dibagi menjadi dua yaitu STS (Standard Term Support) dan LTS (Long Term Support). Kurun waktu dukungan untuk kategori STS adalah kurang lebih 7 bulan dan untuk kategori LTS adalah kurang lebih 21 bulan. Joomla versi 1.0, 1.6 dan 1.7 masuk kategori STS, sedangkan Joomla versi 1.5 dan 2.5 masuk kategori LTS.

Joomla 3 membawa banyak perubahan apabila dibandingkan dengan versi sebelumnya. Joomla 3 masuk kategori STS yang diberi dukungan kurang lebih 7 bulan atau sampai muncul versi Joomla berikutnya. Apabila Anda telah menggunakan Joomla versi 2.5 yang masuk kategori LTS, versi terbaru ini tidak akan muncul sebagai update di area administrasi (backend) Joomla. Pengguna Joomla 2.5 memang tidak dianjurkan untuk mengperbarui (update) ke Joomla 3 karena tidak ada alasan mendesak untuk hal tersebut. Anda diharapkan bisa menunggu sampai dikeluarkannya Joomla versi 3.5 yang masuk kategori LTS dan upgrade akan tersedia melalui area administrasi. Joomla 2.5 masuk kategori LTS yang akan tetap didukung sampai pertengahan tahun 2014.

Sebenarnya, pemberitahuan adanya versi Joomla baru akan muncul secara otomatis di area administrasi Joomla dan Anda tinggal melakukan upgrade. Ketidakmunculan adanya versi baru ini disebabkan adanya pengaturan Joomla! Update Configuration yang tidak sesuai dengan kategori versi Joomla terbaru. Untuk bisa menampilkan adanya versi Joomla terbaru, Anda perlu merubah pengaturan yang ada di jendela Joomla! Update Configuration. Penulis mengingatkan apabila Anda menggunakan Joomla 2.5, tidak dianjurkan untuk meng-upgrade ke Joomla 3 karena terkait dengan kompatibilitas ekstensi yang digunakan di Joomla 2.5. Apabila Anda tetap berkeinginan untuk meng-upgrade ke Joomla 3 untuk mengetahui fitur terbarunya, file Joomla 2.5 dan database harus di-backup untuk mengantisipasi adanya kegagalan update. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menampilkan update Joomla versi terbaru:

Masuk ke area administrasi (backend) Joomla.

Menampilkan Update Ke Joomla Versi 3

Apabila Anda telah berada di area backend Joomla, klik menu Components dan kemudian pilih dan klik submenu Joomla! Update.

Menampilkan Update Ke Joomla Versi 3

Dari laman Joomla! Update, klik tombol Options yang berada di pojok kanan atas untuk menampilkan laman Joomla! Update Configuration. Pastikan Anda berada di tab Update Source. Dari kotak daftar drop-down berlabel Update Server, pilih Short Term Support dan kemudian klik tombol Save & Close.

Menampilkan Update Ke Joomla Versi 3

Setelah proses penyimpanan perubahan konfigurasi selesai, versi terbaru Joomla 3 akan ditampilkan.

Menampilkan Update Ke Joomla Versi 3

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.